Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VinFast Segera Distribusi Mobil Listrik Dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 16/07/2024, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SUBANG, KOMPAS.com - PT VinFast Automobile Indonesia memastikan mulai melakukan distribusi produk kendaraan listrik perdananya, VF e34 dan VF5 pada dalam Waktu dekat.

CEO VinFast Indonesia, Temmy Wiradjaja menjelaskan distribusi perdana akan dilakukan akhir bulan ini dengan jumlah sekitar 250 unit untuk model VF e34.

"Kita belum distribusikan mobil, sementara ini kita baru masukkan mobil, diimpor baru minggu kemarin yang VF e34. Sementara VF5 kemungkinan akhir bulan ini," ucapnya di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

Baca juga: VinFast Nikmati Pembebasan Bea Impor Mobil Listrik hingga 2025

Ilustrasi pabrik VinFast di VietnamKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pabrik VinFast di Vietnam

"Kuota untuk VF5, sekitar 300-400 unit dan didistribusi mulai Agustus 2024," tambah Temmy.

Kendati demikian, dirinya belum mau bicara lebih jauh terkait pembagian distribusi mobil listrik terkait dan rinciannya. Termasuk, jumlah pemesanan kendaraan saat ini.

Mengingat VinFast Indonesia sudah membuka pemesanan awal untuk VF e34 dan VF5 pada awal Juli 2024 kemarin atau jelang pameran otomotif GIIAS 2024.

"Angka pemesanannya mesti saya cek lagi, ya," ucap dia.

Baca juga: Baru Beroperasi Tahun Depan, Kemenperin Minta TKDN VinFast 40 Persen

Sederet mobil listrik hasil produksi pabrik Vinfast di Vietnam.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sederet mobil listrik hasil produksi pabrik Vinfast di Vietnam.

Sebelumnya, Temmy memastikan bahwa VinFast Indonesia menikmati insentif impor mobil listrik secara utuh atau Completely Built-up (CBU) yang digagas pemerintah.

Kemudahan tersebut berlaku sementara, yaitu hingga pabrik perakitannya yang berlokasi di Subang, Jawa Barat beroperasi pada kuartal IV/2025 mendatang.

"VF e34 dan VF5 masuk Indonesia dalam bentuk CBU dari Vietnam. Benar, kita mendapatkan fasilitas yang mana impor duty nol persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau