Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Ungkap Peralihan Pengguna Motor ke Mobil di Solo Masih Rendah

Kompas.com - 26/08/2024, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Daihatsu Indonesia menyampaikan bahwa kondisi ekonomi tahun ini membuat konsumen mobil pertama atau first buyer di Solo, Jawa Tengah masuk ke periode wait-and-see.

Dijelaskan Area Manager PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Jawa Tengah Andrianto Saudin, hal terkait tercermin dari data sementara perusahaan yang menyatakan, pengguna motor beralih ke mobil kurang dari 10 persen.

Baca juga: Alasan Mobil Jarang Servis Picu Konsumsi BBM Lebih Boros

Pemenang Xetia with Xenia di Daihatsu Kumpul Sahabat Solo, Emy Indriawati.KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Pemenang Xetia with Xenia di Daihatsu Kumpul Sahabat Solo, Emy Indriawati.

"Sebenarnya terkait data pengguna motor yang beralih ke mobil, saat ini masih dilakukan studi. Tapi, datanya masih sangat kecil karena pembeli motor (di Solo) itu kebanyakan pemilik pertama," kata dia, Minggu (25/8/2024).

"Sementara yang bisa naik ke mobil mungkin dia punya motor ke-4 atau 3. Jadi tidak semua pemilik roda dua akan otomatis bisa upgrade ke roda 4. Itu yang kita masih studi, karena juga ekonomi seperti ini akan banyak orang yang nunggu dan mempertimbangkan kembali," lanjut Andrianto.

"Sejauh ini data yang kami olah, masih berada di bawah 10 persen yang bisa terkonversi menjadi penjualan (pembeli mobil pertama beralih dari sepeda motor)," katanya.

Baca juga: Cerita Seorang Ibu yang Setia Pakai Daihatsu Xenia Generasi Pertama

Daihatsu Sigra di GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Sigra di GIIAS 2024

Kendati demikian, potensi tersebut masih sangat besar. Mengingat dari total populasi di Solo yang mencapai 500.000 jiwa, dikatakan bahwa nilai kepemilikan mobilnya masih 8 persen.

Oleh karena itu, pihak Daihatsu kerap mengikutsertakan komunitas roda dua di berbagai aktivitas seperti Daihatsu Kumpul Sahabat Solo 2024.

"Kendaraan itu hanya ada dua yang dipakai pribadi, yaitu sepeda motor dan mobil. Sekarang, siapa yang bertanggung jawab safety riding dan safety driving? Makanya Daihatsu bagian dari komitmen juga terhadap safety, kita samamasaa mengembangkan kesadaran berlalu lintas," kata Direktur Marketing and Corporate Planning PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau