Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Head Unit Wuling Cloud EV

Kompas.com - 26/08/2024, 13:01 WIB
Azwar Ferdian

Editor

BOGOR, KOMPAS.com - Saat ini head unit sudah menjadi piranti wajib pada mobil. Head unit tidak hanya memiliki fungsi hiburan semata, melainkan sudah memiliki peran penting dalam pengaturan kendaraan.

Seperti head unit yang tersemat pada Wuling Cloud EV. Wuling Motors memasang head unit berukuran 15,6 inci yang terpasang pada bagian tengah dasbor. Ukurannya memang terbilang besar, bisa dibandingkan dengan ukuran umum laptop yakni 13 atau 14 inci.

Wuling memangkas semua tombol analog yang biasanya ada di bagian dasbor, seperti pengaturan AC, atau tombol-tombol lainnya. Pengaturan itu kini dipindahkan ke head unit, bahkan sampai pengaturan kaca, pintu hingga buka tutup bagasi belakang bisa dari head unit.

Untuk fitur hiburan, yang paling umum adalah menu radio, bluetooth dan TV, bisa dilakukan dengan mudah melalui pengaturan di head unit. Semua bisa terkonseksi dengan android atau iOS di ponsel pintar.

Baca juga: Seberapa Mewah Wuling Cloud EV?

Selain buat fungsi hiburan, head unit di Wuling Cloud EV juga menjadi pusat kendali pengaturan hampir semua fungsi pada mobil.

Dimulai dengan fitur-fitur keamanan seperti AVH (Auto Vehicle Hold), EBD (Electronic Parking Brake), dan fungsi ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) serta Adaptive Cruise Control.

Interior Wuling Cloud EVdok Wuling Motors Interior Wuling Cloud EV

Pengemudi bisa mengatur mode berkendara juga melalui head unit, ada empat pilihan driving mode yakni Eco, Eco+, Normal dan Sport yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Informasi sisa baterai dan estimasi jarak tempuh, serta penilaian terkait gaya berkendara juga bisa ditampilkan.

Cloud EV punya fitur kamera 360 derajat, untuk memudahkan pengemudi bermanuver saat parkir atau ketika melaju di jalan sempit.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik Agustus 2024, Wuling BinguoEV Tembus Rp 75 Juta

Ada Quick Menu pada layar head unit untuk mendapatkan beberapa pengaturan, antara lain; driving mode, ESC, window lock, buka tutup bagasi, kaca spion, tingkat cahaya layar utama, dan energy recovery.

Head unit ini juga menjadi otak dari voice command Wuling yang memakai bahasa Indonesia. Banyak hal yang bisa diperintahkan melalui suara pengemudi atau penumpang, yang paling terbaru adalah membuka atau menutup bagasi belakang.

Head unit Wuling Cloud EV menggantikan fungsi dari tombol analog. Memang pada mobil listrik terbaru Wuling ini sudah tidak ada lagi tombol-tombol pengaturan pada dasbor depan. Untuk pengemudi yang belum terbiasa, harus beradaptasi penuh dengan teknologi ini sebelum mengemudikan Wuling Cloud EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau