Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LCGC Jadi Mobil Paling Populer Daihatsu di Solo

Kompas.com - 26/08/2024, 12:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kendaraan roda empat berharga terjangkau dan hemat energi atau dikenal low cost green car (LCGC) menjadi jenis mobil yang paling laris di Solo, Jawa Tengah.

Pernyataan ini diungkapkan Area Manager PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Jawa Tengah, Andrianto Saudin saat ditemui di sela-sela Daihatsu Kumpul Sahabat Solo, Minggu (25/8/2024).

Adapun patut diketahui, Daihatsu menjadi merek mobil terlaris nomor dua di kawasan terkait dengan penguasaan pasar 19 persenan alias penjualan 200 unit dari total pasar sebanyak 1.000 unit tiap bulan.

Baca juga: Potensi Pasar, Alasan Daihatsu Hadirkan Kumpul Sahabat di Solo

Suasana Daihatsu Kumpul Sahabat Solo, Minggu (25/8/2024).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Suasana Daihatsu Kumpul Sahabat Solo, Minggu (25/8/2024).

"Solo ini masih sangat dominan pekerja formal, karyawan, PNS, guru, masih sangat dominan hampir 50 persen. Lantas, segmen usaha, nomor dua dengan menyumbang 34 persen," kata dia.

"Untuk area Solo jumlah pekerjanya sangat tinggi. Porsi first buyer itu sekitar 40 persen untuk Daihatsu. Kalau dibanding beberapa tahun lalu, segmen ini bisa sampai 60 persen," lanjut Andrianto.

"Lantas disusul replacement yang memberikan kontribusi hampir 30 persen yaitu yang sudah punya mobil baru mau beli mobil tetapi mikir mau jual (yang lama), jadi kami siapkan sarana memfasilitasinya," ujarnya.

Baca juga: Daihatsu Fellow Max Mejeng di Solo, Lebih Murah dari NMAX Turbo

Daihatsu Sigra di GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Sigra di GIIAS 2024

Melalui latar belakang tersebut, ada tiga produk yang kerap laris yakni Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Gran Max Pickup di segmen komersil.

"Kita punya Ayla dengan rata-rata per bulan sekitar 30 unit, Sigra itu masih jadi primadona dengan 50 unit, karena secara pricing kedua produk itu terjangkau," katanya.

"Jadi, ketiga produk ini, yakni Ayla, Sigra dan Gran Max pikap itu kurang lebih menyumbang kontribusi sekitar 65-66 persen toal penjualan Daihatsu di kota Solo Raya," ucap Andrianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau