Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanik Isuzu Ikut Kompetisi Kelas Dunia di Era Pandemi

Kompas.com - 13/12/2021, 15:24 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu Motor Ltd mengadakan kompetisi I-1 Grand Prix (GP) katagori CV yang ke-16 pada 25 November 2021. Sama seperti tahun kemarin, kompetisi diadakan secara virtual karena masih dalam suasana pandemi.

I-1 Grand Prix merupakan ajang kompetisi teknisi Isuzu Global dengan tujuan meningkatkan kemampuan teknik individu dan tim dari masing–masing diler Isuzu Group.

Selain itu juga agar terus mengembangkan sumber daya manusia dan memberikan apresiasi yang tinggi khususnya kepada mekanik – mekanik terbaiknya melalui kompetisi I-1GP.

Berbeda dengan kompetisi saat sebelum pandemi, tentu ada beberapa perubahan pada sistem perlombaannya di dua tahun ini.

Sebelum pandemi kompetisi dibedakan antara negara–negara maju dan negara berkembang, sedangkan pada tahun lalu dan tahun ini kompetisi yang diikuti oleh 41 negara dengan diwakilkan dua mekanik.

Baca juga: Marka Jalan Berwarna Putih dan Kuning, Apa Bedanya?

Mekanik Isuzu Astra Motor Indonesia ikuti kompetisi i-1 Grand Prix kategori Commercial VehicleDOK. IAMI Mekanik Isuzu Astra Motor Indonesia ikuti kompetisi i-1 Grand Prix kategori Commercial Vehicle

Perwakilan dari Indonesia, yaitu Muhammad Sya’ban Ghofar (Teknisi) dari Astra Isuzu cabang Yogyakarta dan Dedek Adi Saputra (Teknisi) dari Astra Isuzu Cabang Malang.

Benny Dwyanto, General Manager Service Divison PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, persiapan kompetisi I-1GP tahun ini lebih menantang daripada sebelumnya, karena Astra Isuzu harus beradaptasi dengan cara yang baru.

Peserta ditantang untuk terbiasa dengan cara baru via digital, sehingga kemampuan diagnosa dan skill saja tidak mencukupi.

“Untuk menguji kemampuan peserta kompetisi agar bisa kompetitif di tingkat dunia maka pemilihan peserta dilakukan secara ketat, yaitu menyeleksi 8 kandidat terbaik dari diler-diler dan diseleksi secara hybrid yaitu langsung pada kendaraan dan juga melaui virtual. Hal ini untuk menguji kemampuan kandidat pada aktual kendaraannya baru diuji kemampuan virtual melalui e- competition,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Cerita Baterai Remote Keyless Habis, Vario Langsung Mogok

Sementara itu, Fuad Hasyim Training Center Head PT IAMI menambahkan, peserta yang terpilih dua orang diundang Isuzu Training Center untuk mengikuti karantina selama 6 minggu.

Berbeda dari tahun sebelumnya karantina dilakukan secara virtual, dan perubahan strategi ini membuahkan hasil yang positif. Mekanik IAMI mendapatkan peringkat 3 untuk kategori Team Competition yang sebelumnya peringkat 5.

Kemudian untuk kategori Individual Competition tahun lalu hanya 1 orang masuk 10 besar, yaitu peringkat 6. Sedangkan saat ini kedua peserta masuk 10 besar mekanik terbaik dunia.

Truk trailer IsuzuDOK. IAMI Truk trailer Isuzu

“Tahun ini meningkat di mana dua peserta nya masuk 10 besar mekanik terbaik dunia, yaitu Muhammad Sya’ban Ghofar masuk peringkat 5 dan Dedek Adi Saputra masuk peringkat 8,” ucap Fuad.

Selanjutnya, Ernando Demily President Director PT IAMI mengatakan, kemenangan tim mekanik Isuzu Indonesia merupakan bukti Astra Isuzu terus menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di jajaran After Sales Service.

“Tentunya after sales kami didukung oleh mekanik – mekanik yang andal, kualitas yang diakui oleh dunia dan fokus kepada kebutuhan customer dalam perjalanan bisnis customer” ujar Ernando.

Layanan purna jual Isuzu di tempat customerDOK. IAMI Layanan purna jual Isuzu di tempat customer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com