Jelang Nataru, Volume Kendaraan di Tol Trans-Jawa Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 13/12/2021, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi akan terjadi peningkatan lalu lintas di tol perseroan saat momen Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga memperkirakan, peningkatan lalu lintas di tol akan terjadi sekitar 30 persen.

“Kita perkirakan akan terjadi peningkatan lalin di tol sekitar 30 persen selama Natal dan Tahun Baru (Nataru),” ucap Heru dikutip dari Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Bandung Pekan Ini

Heru melanjutkan, sebagai contoh pada Sabtu dan Minggu, para pengguna jalan tol yang mengambil arah timur yaitu Gerbang Tol (GT) Tol Cikampek Utama ke arah Tol Trans-Jawa dan arah barat yaitu GT Kalihurip Utama ke arah Tol Purbaleunyi.

Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, di kawasan Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (19/4/2019). Kepala Departemen Komunikasi Jasa Marga mengatakan telah menyiapkan rencana sejumlah antisipasi kepadatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dalam menghadapi arus mudik 2019, salah satunya yakni mendorong pengendara mengunjungi destinasi wisata dan kuliner di sepanjang keluar Tol Trans Jawa. ANTARA FOTO/Risky Andrianto Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, di kawasan Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (19/4/2019). Kepala Departemen Komunikasi Jasa Marga mengatakan telah menyiapkan rencana sejumlah antisipasi kepadatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dalam menghadapi arus mudik 2019, salah satunya yakni mendorong pengendara mengunjungi destinasi wisata dan kuliner di sepanjang keluar Tol Trans Jawa.

Sejak Oktober hingga November dibandingkan Desember, sudah terjadi kenaikan lalin sebesar 20 persen atau dilalui sekitar 90.000 kendaraan pada akhir pekan.

“Kita pantau di dua GT tersebut, karena merupakan titik pergerakan pengguna jalan misalnya hari libur Nataru, Lebaran. Mereka akan kesana,” kata dia.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Bandung Pekan Ini

Maka dari itu, guna mengantispasi kenaikan lalin, Jasa Marga melakukan beberapa upaya seperti memastikan keberfungsian 100 peralatan transaksi di tol perseroan dan menyiapkan kerja sama dengan pihak Korlantas Polri untuk merekayasa lalin seperti contraflow dan sebagainya.

Selain itu, Jasa Marga juga akan membuat kebijakan buka-tutup tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area jika kapasitas sudah terlalu penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.