Bedah Interior Raize GR Sport, Minimalis tapi Tetap Sporty

Kompas.com - 13/12/2021, 13:21 WIB
Interior Toyota Raize KOMPAS.com/DIO DANANJAYAInterior Toyota Raize

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas bagian eksterior, kini giliran melihat sektor interior Toyota Raize GR Sport TSS (Toyota Safety Sense).

Pada bagian kokpit didominasi warna hitam, yang menegaskan aura sporty di ruang kabin.

Dari segi desain, Raize menghadirkan konsep dasbor yang minimalis tapi cukup modern di bandingkan model SUV murah lain di kelasnya.

Tak hanya itu, Toyota membuat tampilan Raize lebih kental dengan aura sporty, hal ini terlihat dari penggunaan material kulit dan fabric serta terdapat tuas paddle shift yang berada di balik kemudi untuk menyesuaikan kecepatan saat pengendaraan mengeksplor perfoma SUV ringkas tersebut.

Baca juga: Usai Verstappen Juara Dunia, Honda Resmi Undur Diri dari Formula 1

Pada bagian lingkar kemudi juga terdapat beberapa tombol pengaturan, seperti tombol TSS, audio dan meter cluster saja.

Bicara soal fitur, Raize GR Sport CVT TSS sudah dibekali dengan tombol start-stop engine, paddle shift di balik kemudi, serta pilihan tema untuk (MID). AC juga sudah digital, sementara audio layar sentuh 9 inci bersarang di bagian tengah.

Toyota GR Sport di GIIAS 2021KOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota GR Sport di GIIAS 2021

Dari segi kenyamanan, baris pertama tidak ada masalah dari kelapangan kaki dan kepala. Meski dimensinya cukup kompak, namun masih memberikan ruang lega, bahkan jok juga nyaman menyangga tubuh pengemudi.

Kombinasi material fabric dan sintetis yang dilengkapi dengan emblem GR Sport, menjadi sajian yang diberikan menutup jok dengan nuansa gelap.

Posisi berkendara tergolong nyaman, jok bisa diatur ketingiannya serta maju-mundur menyesuaikan postur tubuh. Visibilitas pilar A juga memberikan jarak pandang yang tergolong baik.

Baca juga: Begini Cara Antisipasi Rem Blong pada Sepeda Motor

Sayangnya, pada bagian kemudi belum telescopic sehingga menjadi hambatan tersendiri bagi sebagian pengendara.

Sementara pada baris kedua, pada bagian jok tak berbeda dengan baris depan. Posisi duduk pun namun masih nyaman untuk penumpang dengan tinggi 170 cm.

Hanya saja sandaran badan yang tak bisa banyak diubah, hal ini tentu akan mengurangi kenyamana saat duduk di baris kedua ketika melakukan perjalanan jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.