Kerap Kecelakaan, Batas Umur Minimum Pebalap Muda Jadi Naik

Kompas.com - 23/10/2021, 09:42 WIB
Mario Suryo Aji CEV Moto3 2021 Foto: AHMMario Suryo Aji CEV Moto3 2021

MISANO, KOMPAS.com - Badan pengatur balap motor FIM, merevisi batas minimum pebalap muda menyusul serangkaian kecelakaan tragis di kejuaraan balap kelas junior pada musim ini.

Tercatat sepanjang 2021 ada tiga pebalap muda yang meninggal akibat insiden di trek di berbagai kejuaraan berbeda.

Pada Mei 2021, pebalap Moto3 berusia 19 tahun Jason Dupasquier meninggal dalam insiden saat kualifikasi di Mugello. Kemudian pada Juli, Hugo Milan yang berusia 14 tahun tewas di ajang European Talent Cup di Aragon.

Baca juga: Tengok Aksi Luar Biasa Pebalap Pertamina Mandalika, Nyaris Celaka

Hugo Millan Foto: motorcyclesports.net Hugo Millan

Terakhir ialah Dean Berta Vinales yang berusia 15 tahun, sepupu dari pebalap MotoGP Maverick Vinales, meninggal karena insiden saat balapan World Supersport 300 di Jerez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perihal ini membuat banyak pihak mendorong adanya perubahan ke arah yang lebih baik untuk balapan kelas junior.

Akhirnya setelah FIM dan Dorna Sport menggelar pertemuan Biro Permanen pada Jumat (21/10/2021), diumumkan bahwa mulai tahun depan batas usia minimum pebalap junior akan dinaikkan di semua kejuaraan.

Tak hanya itu jumlah pebalap dalam satu grid juga akan dikurangi sehingga tidak terlalu banyak.

Baca juga: Taktik Traga Blind Van Melawan Kendaraan Niaga yang Sudah Hadir

Pebalap MotoGP diam selama satu menit sebagai penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal pada usia 19 tahun karena kecelakaan saat kualifikasi di Grand Prix Italia, sebelum dimulainya balapan MotoGP balapan MotoGP Italia di Mugello pada Minggu 30 Mei 2021.AFP/TIZIANA FABI Pebalap MotoGP diam selama satu menit sebagai penghormatan untuk pebalap Moto3 Jason Dupasquier, yang meninggal pada usia 19 tahun karena kecelakaan saat kualifikasi di Grand Prix Italia, sebelum dimulainya balapan MotoGP balapan MotoGP Italia di Mugello pada Minggu 30 Mei 2021.

Mengutip Motorsport.com, mulai 2022, batas usia semua seri Talent Cup akan naik dari semula 12 tahun menjadi 13 tahun dengan batas maksimum 30 pebalap.

Sedangkan batas usia minimum Red Bull Rookies Cup meningkat dari minimal 13 tahun menjadi 14 tahun.

Di Kejuaraan Dunia Junior CEV Moto3 naik dari semula berusia 14 tahun menjadi minimal 15 tahun. Jumlah pebalapnya juga dibatasi jadi 32 pebalap dalam satu grid.

Halaman:


Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.