Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Jelaskan Perbedaan Balapan MotoGP dan WEC

Kompas.com - 25/04/2024, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai di MotoGP, Valentino Rossi lanjut balap mobil pada World Endurance Championship (WEC). Dia pun mengungkapkan perbedaan yang dia rasakan saat balapan di MotoGP dan WEC.

Rossi bisa dikatakan meraih banyak kesuksesan di MotoGP. Ternyata, di balap mobil, dia juga cukup kompetitif. Terbukti beberapa hari lalu dia sanggup meraih podium di World Endurance Championship (WEC).

Baca juga: MotoGP Argentina 2024 Batal, Pernah Jadi Saksi Kemenangan Rossi

Menurut Rossi, MotoGP sangat mudah dibandingkan balap mobil. Sementara balap mobil, khususnya WEC, butuh lebih banyak strategi.

Valentino Rossi kembali menggeber Yamaha R1 di trek Misanoinstagram.com/valeyellow46 Valentino Rossi kembali menggeber Yamaha R1 di trek Misano

"MotoGP sangat mudah, Anda sampai di grid, 40 menit, tiga tikungan pertama krusial, kemudian rata sampai akhir," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net, Rabu (24/4/2024).

"Di sini (WEC), Anda membutuhkan banyak strategi. Anda harus menjaga ban, mengatur lalu lintas, bersiap untuk mengubah rencana. Ada perbedaan besar, dan tantangan besar," kata Rossi.

Baca juga: Sean Gelael Kalahkan Valentino Rossi di Imola 6 Hours

Tapi, menurut Rossi, dari banyak sudut pandang, ada juga kesamaan antara balap motor dan balap mobil. Khususnya, soal pengereman, jalur, dan persaingan dengan pebalap lain.

Legenda MotoGP, Valentino Rossi, hadir menyaksikan nomor ikoniknya 46 dipensiunkan jelang MotoGP Italia di Sikruit Mugello pada 28 Mei 2022. Terkini, Rossi mengungkapkan kesannya berada satu tim dengan Sean Gelael di WEC 2024.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Legenda MotoGP, Valentino Rossi, hadir menyaksikan nomor ikoniknya 46 dipensiunkan jelang MotoGP Italia di Sikruit Mugello pada 28 Mei 2022. Terkini, Rossi mengungkapkan kesannya berada satu tim dengan Sean Gelael di WEC 2024.

"Saya ingin menjadi pebalap yang bisa mengendarai semuanya, ini adalah ambisi saya. Saya tahu saya ingin membalap mobil ketika saya selesai dengan motor. Masalah saya adalah saya sudah tua! Saya butuh 10 tahun lagi! Tapi saya bisa berkembang dari tahun ke tahun dan target saya adalah mencapai level mobil GT3," ujarnya.

"Ini berbeda. Saat Anda berusia 45 tahun, normal jika Anda tidak sama seperti saat berusia 25 tahun. Bagi saya, membosankan jika saya tidak membalap. Saya menjalani hidup saya seperti ini sejak berusia 14 tahun. Saya tinggal di rumah tetapi, setelah dua minggu, saya harus pergi balapan," kata Rossi.

Perbedaan lainnya menurut Rossi adalah MotoGP lebih ke individu. Sementara WEC, lebih dibutuhkan kerja sama tim. Khususnya, dengan rekan satu tim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com