Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pensiun dari MotoGP, Aleix Berencana Jadi Pebalap Tes Aprilia

Kompas.com - 22/04/2024, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro belum mengambil keputusan tentang masa depannya di MotoGP dan akan tetap bersama Aprilia jika ia ingin tetap membalap, namun ia juga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi penguji.

Saat ini, Aleix menjadi pebalap paling senior di kelas MotoGP setelah Valentino Rossi pensiun. Kakak dari Pol Espargaro ini sudah membalap di kelas MotoGP sejak 2012 dan sekarang sudah berusia 34 tahun.

Baca juga: Aleix Espargaro Senang Vinales Menang Pakai Motornya

Aleix menjadi pebalap Aprilia sudah sejak 2017. Kontraknya dengan pabrikan Italia tersebut akan berakhir di pengujung musim ini.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Terkait masa depannya, Aleix mengatakan akan menunggu hingga MotoGP Italia 2024 yang akan digelar Mei. Setelah itu, dia akan memutuskan apakah akan berhenti atau lanjut balapan.

Jika dia tetap menjadi pebalap, dia mengatakan hanya akan melanjutkan bersama Aprilia. Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pebalap tes.

Baca juga: Aleix Espargaro Umumkan Nasibnya Usai MotoGP Mugello

"Ini adalah pertanyaan yang sangat bagus. Saya tidak tahu. Semoga saja Aprilia menawarkan pekerjaan baru untuk saya, tapi itu bukan yang terpenting, yang penting adalah memahami apakah saya ingin bertahan atau tidak. Saya belum benar-benar memutuskannya," ujar Aleix, dikutip dari Motorsport.com, Minggu (21/4/2024).

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

"Saya ingin menunggu lebih lama lagi. Saya ingin menunggu setidaknya hingga Mugello untuk melihat bagaimana performa saya, dan kemudian saya akan memutuskan. Saya bersenang-senang tahun ini, tapi saya ingin bertarung di lima besar di setiap balapan. Jika tidak, itu akan menjadi yang terakhir," kata Aleix.

Aleix mengatakan, dia mencoba memahami apa masa depan terbaik bagi dirinya. Saya rasa masa depan saya bukan balapan di tempat lain selain di Aprilia. Maksud saya, jika saya membalap penuh waktu.

Aleix Espargaro saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, MalaysiaDok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia

"Jika saya membalap, saya akan tetap di Aprilia. Tapi, mungkin saya memutuskan untuk berhenti dan melakukan beberapa wildcard sebagai pebalap tes, atau mungkin saya memutuskan untuk berhenti sepenuhnya," ujarnya.

"Saya harus memutuskan, tapi sebenarnya saya belum memutuskan. Saya ingin tampil. Ini adalah obsesi saya saat ini. Saya ingin finis di podium setiap akhir pekan. Maka saya akan memutuskannya," kata Aleix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com