Check Engine Motor Menyala, Simak Apa yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 23/10/2021, 07:12 WIB
Lampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada speedometer motor Honda Dok. AHMLampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada speedometer motor Honda

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kendaraan bermotor dengan mesin injeksi, akan ada lampu indikator check engine atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada bagian speedometer.

Hal ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan motor yang diinformasikan oleh Electronic Control Unit (ECU).

Ada beberapa indikasi check engine pada motor menyala, tidak semuanya dapat diartikan kalau motor sedang mengalami kerusakan atau masalah. Bisa jadi hanya ada kerusakan kecil atau socket kabel yang tidak terpasang dengan tepat.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Bikin SIM Baru di Indonesia

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, tidak semua indikasi check engine menyala dikatakan sebagai masalah atau kerusakan.

"Pada saat menyalakan mesin kendaraan, itu check engine akan menyala sekitar dua detik kemudian mati lagi. Itu normal dan tidak ada indikasi kode kegagalan," kata Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lampu indikator di motor injeksikompasiana Lampu indikator di motor injeksi

Jika check engine menyala terus setelah mesin dihidupkan, bisa jadi motor mengalami masalah atau kerusakan pada salah satu fungsi komponen tertentu.

Pada lampu MIL ada beberapa jenis atau tipe ketika indikatornya menyala. Ada yang menyala terus atau panang, ada juga yang hanya berkedip dengan jumlah tertentu.

Baca juga: Stoner Ungkap Alasan Sebenarnya Pensiun dari MotoGP

"Biasanya ada beberapa tipe nyala, nyala terus atau berkedip. Pada saat berkedip ada jumlah kedipan yang merupakan kode kegagalan, nah melalui indikasi tersebut pemeriksaan dilakukan," ucap Endro.

Endro menjelaskan, jika menyala berkedip berarti ada suatu kegagalan fungsi komponen kendaraan, bukan berarti rusak.

Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena ada socket yang kendor, ada kabel yang lepas, kabel yang rusak karena putus, dan indikasi paling terakhir adalah adanya komponen yang rusak.

Ilustrasi kecepatan yang ditunjukkan oleh speedometer Ilustrasi kecepatan yang ditunjukkan oleh speedometer

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.