Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok Aksi Luar Biasa Pebalap Pertamina Mandalika, Nyaris Celaka

Kompas.com - 22/10/2021, 20:09 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama Moto2 Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia, diwarnai dengan turunnya hujan. Sesi latihan bebas pun berjalan dalam kondisi wet race.

Dalam kondisi tersebut, sangat tinggi risiko pebalap mengalami terjatuh, baik karena lowside atau highside. Salah satunya dialami oleh pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, yakni Bo Bendsneyder.

Baca juga: Pertamina Mandalika Belum Berminat Jadikan Dimas Ekky Wildcard Moto2

Pada sesi latihan bebas FP1, pebalap yang akrab disapa Mas Bo tersebut mengalami highside saat keluar tikungan terakhir. Hebatnya, Mas Bo berhasil bertahan memegang motornya.

Padahal, dirinya sudah terpental dari motor cukup tinggi ke udara. Mas Bo mendarat dengan kedua kakinya di sebelah kiri motor, sementara kedua tangannya masih memegang erat setang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by official fan club???? (@37pedroacosta_indonesia)

Highside merupakan kecelakaan di mana roda belakang meluncur ke sisi yang berlawanan saat menikung, lalu kembali mendapatkan grip, sehingga membuat motor dan pengendaranya terpelanting.

Baca juga: Pertamina Mandalika Bawa Pulang Poin Pada Moto2 Amerika

Highside juga merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi pada pebalap. Hingga saat ini, belum ada teknologi yang dapat mengantisipasi kecelakaan tersebut terjadi.

Pebalap bisa terpental karena saat ban mendapat grip, sokbreker akan mengalami rebound atau pantulan balik yang cukup keras. Tak sedikit pebalap yang mengalami cedera parah gara-gara mengalami highside.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com