Toyota Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di AS

Kompas.com - 23/10/2021, 08:02 WIB
Logo Toyota PaultanLogo Toyota

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota berencana membangun pabrik baterai untuk menopang era kendaraan elektrifikasi, mulai hybrid, PHEV, Fuel Cell, termasuk BEV di Amerika Serikat. Rencana ini merupakan bagian dari investasi Toyota sebesar 3,4 miliar dolar AS atau setara Rp 48 triliun di Negeri Paman Sam.

Dilansir dari Nikkei (22/10/2021), produsen mobil Jepang akan mendirikan perusahaan baru untuk pabrik baterai dengan Toyota Tsusho, di mana 90 persen bagian bakal dimiliki Toyota.

Kabarnya, pabrik ini akan memulai produksi pada 2025. Selain itu, fasilitas ini bakal jadi pabrik baterai pertama Toyota di AS, yang akan mempekerjakan sekitar 1.750 karyawan.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Bikin SIM Baru di Indonesia

Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.asia.nikkei.com Ilustrasi pabrik Toyota di Amerika Serikat.

Sebagai awalan, pabrik tersebut akan membuat baterai lithium-ion untuk kendaraan hybrid, kemudian juga untuk memproduksi baterai kendaraan listrik.

Sebelumnya pada September 2021, Toyota mengatakan bakal menginvestasikan 1,5 triliun yen atau setara Rp 187 triliun untuk pengembangan baterai mobil listrik di seluruh dunia pada 2030.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan bertujuan untuk menjual 8 juta unit kendaraan listrik, termasuk hybrid, pada tahun 2030. Di mana 2 juta unit di antaranya merupakan EV dan mobil fuel cell.

Baca juga: Catat Bocoran Daftar Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2021

Rangka dan baterai pada mobil listrik murni Toyota, Lexus UX 300e.Toyota Rangka dan baterai pada mobil listrik murni Toyota, Lexus UX 300e.

Untuk diketahui, perusahaan baru dengan Toyota Tsusho akan menjadi usaha patungan ketiga terkait baterai Toyota.

Toyota diketahui telah menjalin kerja sama dengan Panasonic, untuk mendirikan Primearth EV Energy yang berbasis di Jepang pada tahun 1996 sebagai pemasok baterai mobil hybrid.

Pada tahun 2020, kedua perusahaan meluncurkan Prime Planet Energy & Solutions, yang bertanggung jawab untuk produksi dan pengembangan baterai otomotif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.