Mobil Mesin Diesel Lebih Irit dari Bensin, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 21/07/2020, 11:12 WIB
Kia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar. indianautosblog.comKia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak membeli mobil selain masalah harga, hal lain yang juga menjadi pertimbangan, yakni soal konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Semakin irit mobil dalam konsumsi bahan bakar, tentunya akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli. Pasalnya, pengeluaran untuk kebutuhan bensin juga bisa berpengaruh terhadap keperluan lainnya.

Berbicara soal konsumsi bahan bakar kendaraan roda empat, ada yang beranggapan bahwa mobil mesin diesel tingkat konsumsi bahan bakar lebih rendah dibandingkan mesin bensin.

Baca juga: Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

Lalu benarkah anggapan tersebut? Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna tidak menampik anggapan tersebut.

Menurutnya, mobil mesin diesel memang lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin, hal ini disebabkan oleh dua hal.

“Pertama karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Pemakaian Biosolar disebut memberikan sejumlah kendala pada mesin dieselrednewswire.com Pemakaian Biosolar disebut memberikan sejumlah kendala pada mesin diesel

Dengan begitu, Suparna menambahkan, maka efisiensi thermis mesin diesel juga lebih bagus dibandingkan mobil bensin.

Kemudian penyebab yang kedua, yakni kandungan kalori pada bahan bakar jenis solar juga lebih besar dibandingkan jenis bensin.

Baca juga: Mitos atau Fakta, BBM Oktan Tinggi Bisa Dongkrak Performa Kendaraan?

“Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Inilah yang membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ucapnya.

Selain memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, ternyata mobil mesin diesel juga lebih bertenaga dibandingkan dengan mobil mesin bensin.

Mesin diesel Blue Power dari Isuzu                             Otomania Mesin diesel Blue Power dari Isuzu

Menurut Suparna benar adanya, hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan tipe mesin long stroke.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Mika Lampu Mobil Kinclong, Bisa Pakai Pasta Gigi

“Mesin dengan jenis ini bisa menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan mesin square,” kata Suparna.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X