Kamis, Polisi Mulai Sosialisasi 45 Kamera Tilang Elektronik Baru

Kompas.com - 21/07/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik https://ntmcpolri.info/Ilustrasi kamera tilang elektronik
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menambah titik pengawasan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan Jakarta. Proses ini pun langsung didibarengi dengan uji coba, Senin (20/7/2020).

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, ada beberapa tambahan kamera ETLE yang saat ini mulai diuji coba. Pemasangannya menyebar pada beberapa ruas jalan di Ibu Kota.

"Ada 45 jumlah kamera ETLE yang sedang kita uji cobakan. Kita pasang di ruas-ruas atau titik baru sesuai rencana," kata Fahri saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/7/2020).

 Baca juga: Begini Mekanisme Operasi Patuh Jaya 2020, Tidak Langsung Tilang

Lebih lanjut Fahri menjelaskan bila penambahan kamera tilang elektronik tersebut dilakukan sebagai lanjutan dari perluasan ETLE yang sudah diwacanakan sejak tahun lalu.

Seorang pengendara motor berusaha mengelabui polisi dengan menutup pelat motor dengan tangan saat tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). pengendara motor itu tertangkap kamera ETLE karena menerobos jalur Transjakarta koridor 6, Ragunan-Dukuh Atas pada Kamis (6/2/2020) pagi. Dokumentasi Polda Metro Jaya Seorang pengendara motor berusaha mengelabui polisi dengan menutup pelat motor dengan tangan saat tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). pengendara motor itu tertangkap kamera ETLE karena menerobos jalur Transjakarta koridor 6, Ragunan-Dukuh Atas pada Kamis (6/2/2020) pagi.

Sementara untuk implementasi atau penerapan tilangnya sendiri, menurut Fahri akan dilakukan usai masa sosialisasi bagi masyarakat, khususnya pengguna kendaraan pribadi dilakukan, yakni awal Agustus 2020. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sosialisasi akan kami lakukan mulai 23 Juli nanti sesuai dengan jadwal Operasi Patuh Jaya, jadi 14 hari ke depan selama operasi itu kita gunakan sebagai waktu untuk sosialisasi juga," ucap Fahri.

Baca juga: Catat, Tilang Elektronik Berlaku Lagi Pekan Depan

CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

Sedangkan untuk titik penempatan 45 kamera tilang elektronik baru tersebut, lokasinya tersebar di beberapa wilayah sebagai berikut ; 

1. Kota Tua - Gajah Mada - MH Thamrin - Sudirman - Blok M - Senayan.
- Simpang Kota Tua
- Simpang Ketapang
- Simpang Harmoni (Depna Bank BTN)
- Simpang Bundaran HI
- Simpang Istana Negara
- Simpang Kebon Sirih
- Simpang CSW
- Sipang Bundaran Senayan dari arah Blok M
- Depan Plaza Senayan

2. Grogol - Pancoran

- Simpang Slipi S Parman ke Gatot Subroto
- Simpang Pancoran
- Simpang Tomang
- Simpang Grogol ke Daan Mogot menuju Kyai Tapa
- Depan Hotel Four Seasons
- Depan Gedung DPR-MPR pintu utama
- Depan All Fresh Pancoran

3. Halim - Cempaka Putih

- Simpang Halim Lama
- Simpang Rawamangun
- Simpang Cempaka Putih
- Simpang Pramuka

4. Rasuna Said - Gunung Sahari - Prof Dr Satrio

- Simpang HOS Cokrominoto-Imam Bonjol
- Depan Halte Timah
- Depan Halte Setia Budi
- Depan BNI 46 Gunung Sahari
- Simpang Tugu Tani mengarah Senen
- Depan Puskurbuk Kemendikbud



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X