Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

Kompas.com - 20/07/2020, 15:11 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penambahan oli mesin mobil menjadi hal yang wajar dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan.

Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga setiap komponen mobil yang ada di dalam mesin mendapatkan pelumasan dengan maksimal.

Mengingat volume oli bisa saja berkurang karena adanya kebocoran maupun penguapan yang terjadi selama kendaraan digunakan.

Sehingga, saat volume oli sudah tidak sesuai dengan kebutuhan atau yang seharusnya maka pelumasan pada mesin tidak bisa maksimal.

Baca juga: Jangan Gegabah, Oli Dicampur Pisang Bisa Bikin Mesin Jadi Rusak

Menambahkan oli memang terkesan sepele, dan bisa dilakukan oleh setiap pemilik mobil karena hanya dengan menuangkan pelumas pada ruang mesin.

Ilustrasi ganti oli mesin dieselStanly/Otomania Ilustrasi ganti oli mesin diesel

Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan saat menambah volume pelumas mesin ini. Jangan sampai, penambahan tersebut justru akan membuat kinerja mesin semakin berat dan akhirnya terjadi kerusakan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, melakukan penambahan oli tidak akan menimbulkan masalah selama takarannya sesuai.

Sebelum menambah, sebaiknya melakukan pengecekan sisa volume oli pada mesin. Caranya adalah dengan menggunakan dipstick oli yang ada pada mesin.

Pada tongkat pengukur pelumas tersebut terdapat ukuran volume oli yang tersisa pada mesin. Dengan begitu, saat melakukan penambahan bisa diperkirakan berapa volume yang dibutuhkan.

Baca juga: Alasan Kenapa Knalpot Mobil Keluar Air di Pagi Hari

“Kalau kebanyakan (penambahannya) harus di-tap sesuai maksimum yang tertera di dipstick olinya, kalau sampai kelebihan bisa menyebabkan oli berlebih,” ujar Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, jika volume oli mesin melebihi batas yang diperbolehkan akan menyebabkan kinerja mesin menjadi lebih berat.

Kondisi ini akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang tentunya menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Periksa kondisi oli mesin dan air radiatorGhulam Muhammad Nayazri/Otomania Periksa kondisi oli mesin dan air radiator

“Efeknya lainnya bisa overrunning atau mesin menahan putaran roda yang berlebih sehingga mesin tertahan dan bahayanya mesin bisa jebol,” ucapnya.

Pada kondisi tersebut, bukan tidak mungkin perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh atau turun mesin.

Untuk itu, Didi menyarankan agar saat melakukan penambahan volume oli disesuaikan dengan aturan yang ada atau batas maksimal yang diperbolehkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com