Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Performa, Busi Juga Punya Peran Tekan Polusi Udara

Kompas.com - 22/04/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kendaraan elektrifikasi saat ini mulai menjamur, dari jenis hybrid sampai full listrik. Tujuannya selain mengejar efisiensi bahan bakar, juga menekan polusi udara.

Meski demikian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kendaraan konvensional irit bahan bakar yang ujungnya tentu saja berhubungan dengan hasil gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan.

Dari menjaga kesehatan mesin dengan selalui melakukan perawatan berkala, penggunaan bahan bakar yang sesuai anjuran pabrikan, dan lainnya.

Namun selain itu, ternyata busi juga punya perang penting menjaga performa kendaraan sekaligus menekan polusi udara dari kendaraan konvensional.

Baca juga: Mini Market Wajib Edukasi Pengunjung Soal Tukang Parkir Liar

Seiring pemakaian busi mobil bisa kotor dan harus dibersihkanKompas.com/Erwin Setiawan Seiring pemakaian busi mobil bisa kotor dan harus dibersihkan

Seperti diketahui, busi memiliki peran memercikkan api pada ruang bakar kendaraan yang kemudian terkompresi dengan campuran udara dan bahan bakar sehingga menciptakan pembakaran untuk menghasilkan daya.

Perlu diingat, semakin sempurna pembakaran, maka performa kendaraan juga akan semakin baik yang berujung tak hanya pada sisi tenaga saja, tapi juga konsumsi bahan bakar yang optimal.

Menurut Diko Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), pembakaran yang sempurna dihasilkan dari kualitas bahan bakar yang baik, udara yang cukup, dan busi yang berkualitas. Karena dengan demikian, tentunya dapat menekan emisi gas buang.

Baca juga: Ada Kenaikan, Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Lebih Mahal Bulan Ini

Alat yang digunakan saat tilang uji emisi, untuk menghitung jumlah radikal bebas yang dihasilkan kendaraanKompas.com/Daafa Alat yang digunakan saat tilang uji emisi, untuk menghitung jumlah radikal bebas yang dihasilkan kendaraan

"Baik buruknya gas buang tersebut bisa dibilang sangat tergantung dari kesehatan mesin kendaraan. Salah satunya pada sistem pembakaran yang melibatkan peran busi," kata Diko beberapa waktu lalu kepada KOMPAS.com.

Diko mengatakan, busi sebenarnya punya peran penting dalam menekan gas buang kendaraan yang akan menjadi polusi, selama kualitas dari busi yang digunakan cukup baik dan sesuai spesifikasi mesin.

Untuk saat ini, jenis busi Iridium menjadi salah satu yang direkomendasikan karena selain memiliki kualitas yang baik juga secara umur pemakaian lebih awet.

Masa pergantian busi Iridium bisa dibilang lebih panjang dari jenis nikel. Diklaim bisa dua kali lipat, dan tiga kali lipatnya untuk jenis Laser Iridium.

Baca juga: Kenali Penyebab Keretakan pada Keramik Busi

Jenis busi Iridium juga sudah umum digunakan pada mobil-mobil keluaran baru. Karena itu, secara kualitas emisinya pasti mobil baru lebih ramah lingkungan.

Busi laser iridium NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi laser iridium NGK

"Apalagi bila memang mesin selalu sehat dan dirawat secara berkala. Jadi intinya busi memiliki peran dalam menghasilkan pembakaran yang optimal selama itu juga didukung dengan faktor bahan bakar serta kesehatan mesin kendaraan yang selalu terjaga," kata Diko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com