Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi

Kompas.com - 20/07/2020, 19:15 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan salah satu fitur penambah kenyamanan penting yang tak pernah absen digunakan saat berkendara menggunakan mobil.

Namun seiring penggunaannya, tak jarang ditemui AC mobil sudah tidak dingin lagi. Bahkan pada beberapa kasus, hawa yang dikeluarkan terbilang hangat dan meneteskan air cukup banyak.

Kevin, Bussiness Development Rotary Bintaro, menjelaskan, hal ini dikarenakan beberapa hal. Salah satunya ada kebocoran pada klorofluorokarbon atau dikenal dengan nama freon.

Baca juga: 7 Jenis Pelat Nomor yang Bakal Ditilang Polisi di Jalan

filter ac mobilgridoto.com filter ac mobil

“Kemudian bisa juga karena kompresor tidak bekerja, temperatur mesin naik, motor fan pendingin tidak bisa berfungsi dengan baik, motor blower tidak bekerja, sampai filter kotor. Jadi patut dicek dahulu,” ujar Kevin kepada Kompas beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, evaporator beku dan berlendir juga sering menjadi penyebab utama AC tidak dingin. Karena adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang.

Hal seperti ini yang nantinya akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin dan berembun.

Baca juga: Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

Kompresor AC mobil copotan.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompresor AC mobil copotan.

Kevin menambahkan faktor penyebab AC mobil tidak dingin itu sangat luas, untuk penyebab utama biasanya bisa diprediksi dari keluhan pengendara seperti apa, bisa juga diprediksi melalui kilometer mobilnya, jenis mobil dan tipe mobil.

Oleh karenanya, perlu untuk pemilik mobil melakukan perawatan rutin buat komponen AC, termasuk yang paling mudah yakni membersihkan filter AC.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X