Ingat Ganti Lampu Mobil Ada Aturannya

Kompas.com - 20/07/2020, 19:41 WIB
Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan KOMPAS.com/RulyIlustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil terkadang memutuskan untuk mengganti atau melakukan modifikasi lampu agar terasa lebih keren. Sebagai contoh, memasang LED karena lampu utama atau headlamp sebelumnya masih menggunakan model biasa.

Namun, harus diketahui bahwa sebenarnya tidak boleh sembarang dalam mengganti lampu pada mobil. Kejadian terburuk, bisa menyebabkan hal yang fatal seperti terjadi korsleting hingga kebakaran.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan ubahan agar lampu mobil menjadi keren, Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, menyarankan sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau spesialis lampu yang sudah terpercaya secara kualitas.

Baca juga: Cara Mudah Kenali Masalah Setang Seher Gran Max dan Luxio

IIHS lakukan pengujian terhadap kualitas lampu mobil.Autoblog.com IIHS lakukan pengujian terhadap kualitas lampu mobil.

Baca juga: Benelli akan Pajang Dua Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020

“Pemasangan aksesori elektronik tidak bisa sembarangan karena apabila salah wiring, bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi. Aki pun menjadi drop bahkan beberapa sensor menjadi malfungsi,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan konsultasi pada orang yang tepat atau ahli dalam hal modifikasi lampu, agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat merugikan diri sendiri.

“Kalau konsultasi ke mekanik kami (Auto2000) juga bisa karena mereka memiliki pengetahuan yang cukup tinggi untuk urusan mobil,” kata Sapta.

Jadi, menurut Sapta, apabila ingin mengganti lampu sebaiknya pertimbangkan lagi dan pastikan tempat atau bengkelnya punya rekam jejak atau kualitas bagus dalam hal modifikasi lampu mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.