Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

Kompas.com - 20/07/2020, 15:11 WIB
Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC SHUTTERSTOCKIlustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penambahan oli mesin mobil menjadi hal yang wajar dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan.

Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga setiap komponen mobil yang ada di dalam mesin mendapatkan pelumasan dengan maksimal.

Mengingat volume oli bisa saja berkurang karena adanya kebocoran maupun penguapan yang terjadi selama kendaraan digunakan.

Sehingga, saat volume oli sudah tidak sesuai dengan kebutuhan atau yang seharusnya maka pelumasan pada mesin tidak bisa maksimal.

Baca juga: Jangan Gegabah, Oli Dicampur Pisang Bisa Bikin Mesin Jadi Rusak

Menambahkan oli memang terkesan sepele, dan bisa dilakukan oleh setiap pemilik mobil karena hanya dengan menuangkan pelumas pada ruang mesin.

Ilustrasi ganti oli mesin dieselStanly/Otomania Ilustrasi ganti oli mesin diesel

Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan saat menambah volume pelumas mesin ini. Jangan sampai, penambahan tersebut justru akan membuat kinerja mesin semakin berat dan akhirnya terjadi kerusakan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, melakukan penambahan oli tidak akan menimbulkan masalah selama takarannya sesuai.

Sebelum menambah, sebaiknya melakukan pengecekan sisa volume oli pada mesin. Caranya adalah dengan menggunakan dipstick oli yang ada pada mesin.

Pada tongkat pengukur pelumas tersebut terdapat ukuran volume oli yang tersisa pada mesin. Dengan begitu, saat melakukan penambahan bisa diperkirakan berapa volume yang dibutuhkan.

Baca juga: Alasan Kenapa Knalpot Mobil Keluar Air di Pagi Hari

“Kalau kebanyakan (penambahannya) harus di-tap sesuai maksimum yang tertera di dipstick olinya, kalau sampai kelebihan bisa menyebabkan oli berlebih,” ujar Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X