Mobil Keluaran Terbaru Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan?

Kompas.com - 21/07/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi menyalakan mesin mobil doityourself.comIlustrasi menyalakan mesin mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan memanaskan mesin mobil masih dilakukan oleh sebagian besar pemilik kendaraan roda empat.

Meskipun, mobil tersebut merupakan keluaran terbaru dan teknologi yang dimilikinya sudah lebih canggih dibandingkan mobil keluaran lama.

Banyak yang percaya, bahwa ritual memanaskan mesin sebelum dikendarai agar pelumas yang ada di dalam ruang mesin bekerja lebih maksimal.

Lalu benarkah memanaskan mesin mobil masih perlu dilakukan di zaman seperti sekarang ini?

Baca juga: Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, menjelaskan untuk mobil-mobil keluaran terbaru sudah tidak perlu lagi dipanaskan sebelum digunakan.

Alasannya karena kendaraan roda empat tersebut sudah menggunakan teknologi terbaru yang lebih canggih dibandingkan dengan keluaran lama.

"Menghidupkan mobil sebenarnya lebih untuk merawat baterai (aki) agar selalu dalam kondisi terisi," ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

 

Ilustrasi mesin mobil yang terendam banjirKompas.com/Dio Ilustrasi mesin mobil yang terendam banjir

Sapta menambahkan, mobil dengan teknologi fuel injection sudah didukung oleh computerized.

Sehingga tidak perlu lagi ada pemanasan apalagi sampai menginjak gas dalam-dalam atau menggeber-gebernya.

"(Memanaskan mesin) hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman sekarang tidak lagi menggunakan karburator," katanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X