Kompas.com - 19/08/2022, 17:21 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - UD Trucks memperkenalkan Quester dengan standar emisi Euro 5 di Indonesia sejak awal 2022. Truk jagoan UD Trucks ini hadir memenuhi regulasi terbaru di mana produk bermesin diesel harus lolos standar emisi Euro 4.

Untuk mendapatkan emisi Euro 5, Quester terbaru memakai sistem Selective Catalytic Reduction (SCR). Secara sederhana, SCR menyemprotkan cairan urea atau Adblue ke gas buang untuk mengurangi NOx.

Bisa dibilang, SCR ini sistem yang berada di luar ruang bakar. Lalu apakah sistem canggih tersebut bisa dipasang sendiri atau modifikasi ke truk Quester sebelumnya yang masih Euro 3?

Baca juga: Mengenal Teknologi SCR pada UD Trucks Pilih SCR Demi Euro 5

UD Trucks Quester Euro 5 dengan sistem SCRKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI UD Trucks Quester Euro 5 dengan sistem SCR

Ali Rachman, Head of Competence Development PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) mengatakan, melakukan modifikasi atau retrofit SCR ke Quester Euro 3 sangat tidak disarankan.

"Kita tidak merekomendasikan, karena salah satunya tadi Eletronic Control Unit (ECU), programnya beda. Kedua dengan Euro 5 sekarang, kita juga mengeluarkan Engine Management System (EMS) berbeda, versinya sudah yang terbaru," ucapnya di ICE BSD, Kamis (18/8/2022).

Selain itu, kalau lakukan modifikasi juga biayanya sangat besar. Ada beberapa komponen yang jauh berbeda dibanding ECU dan EMS saja, mulai dari instrument cluster, serta sensor-sensornya.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik di GIIAS 2022, Sampai Rp 20 Juta


"Instrument cluster kita canggih sekarang. Ada driving coaching, dan sebagainya. Di Quester Euro 5 juga ada indikator Adblue, sensornya nanti hubungannya ke Machine Indicator Lamp (MIL)," kata Ali.

Jadi, melakukan modifikasi pada Quester lama ditambah SCR agar mendapatkan emisi yang lebih baik sangat tidak direkomendasikan. Lebih baik membeli yang baru.

"Coba aja bayangin dari situ, sudah complicated. Jadi sangat tidak disarankan, mending beli baru," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.