Kompas.com - 19/08/2022, 11:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Truck dari UD Trucks yang dijual di Indonesia sudah memiliki standar emisi Euro 5. Berbeda dengan pabrikan Jepang lain yang memakai Exhaust Gas Recirculation (EGR), UD Trucks menggunakan teknologi Selective catalytic Reduction (SCR).

SCR merupakan sistem yang berguna untuk mengurangi emisi gas buang. Sistem SCR berfungsi menyemprotkan urea atau Adblue ke gas buang sehingga mengurangi NOx.

Hasilnya, emisi gas buang yang dihasilkan jadi lebih bersih. Lalu apakah sistem yang berada di luar mesin ini butuh perawatan rutin?

Baca juga: Kriteria Stiker Pemantul Cahaya yang Baik di Truk

UD Trucks Quester Euro 5 dengan sistem SCRKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI UD Trucks Quester Euro 5 dengan sistem SCR

Ali Rachman, Head of Competence Development PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) mengatakan, secara umum Quester Euro 5 dengan SCR perawatannya sama dengan model Euro 3.

"Kalau perawatan mengacunya ke Euro 3 saja. Mengenai SCR, yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan Adblue di tangki jangan sampai kosong," ucap Ali di Tangerang, Kamis (18/8/2022).

Sistem SCR secara umum punya tiga komponen penting, yakni tangki Adblue, pompa Adblue, dan nozzle atau injektor. Jika Adblue di tangki kosong, maka komponen yang ada di sistem SCR bisa rusak.

Baca juga: Daftar Diskon Mobil Murah LCGC di GIIAS, Tembus Rp 10 Juta


"Ada filter di dalam silencer SCR, dia free maintenance selama Adblue disuplai. Kalau enggak diisi-isi, lama-lama rontok, partikel masih banyak, pembakaran tinggi, lama-lama back pressure, ini bahaya. Jadi simpelnya adalah pastikan saja Adblue tidak habis," ucapnya.

Kalau terpaksa jalan tanpa Adblue, maka muncul Machine Indicator Lamp (MIL) di instrument cluster. Mesin masih bisa jalan normal selama 50 jam. Namun kalau sudah berhenti, maka dikurangi torsinya sekitar 40 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.