Kompas.com - 18/08/2022, 17:15 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan visi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini yang berfokus kepada pengenalan kendaraan bermotor listrik, sejumlah agen pemegang merek (APM) membawa dan menjual mobil dan sepeda motor sejenis.

Tujuannya, tentu saja mendorong era elektrifikasi di dalam negeri seraya untuk mendorong daya beli masyarakat sehingga tingkat emisi CO2 yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berkurang signifikan.

Dipantau Kompas.com, ternyata beberapa perserta pameran sudah melakukan aktivitas penjualan walau ada perseroan yang masih dalam poses pengadaan unit ke pasar dalam negeri.

Baca juga: Diskon Honda BR-V Tembus Rp 30 Juta, Daftar Diskon LSUV

DFSK Gelora E di PEVS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL DFSK Gelora E di PEVS 2022

Tidak sampai di sana, pada APM yang memasarkan mobil listrik, terdapat juga konsumen yang rela mengantre sampai satu tahun karena kendaraan memiliki permintaan yang begitu besar.

Meski demikian, setiap pembelian kendaraan listrik di GIIAS 2022 akan tetap mendapatkan program khusus walau produsen baru akan mengirimnya pada beberapa bulan ke depan.

Pada segmen mobil listrik murni, seperti contoh Nissan Leaf, sebagaimana dikatakan tenaga penjualnya yang mendapatkan potongan harga Rp 20 juta atau wall charging. Program ini, berlaku hanya untuk setiap pembelian di pameran GIIAS 2022.

"Sementara kalau untuk DFSK Gelora E, diskonnya Rp 15 juta. Ini bisa saja bertambah ketika kita sudah melakukan perhitungannya," kata tenaga penjual DFSK kepada Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Mobil Listrik Tak Punya Target Jualan

Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

Adapun untuk Lexus UX300e dan Hyundai Ioniq 5, program penjualan hanya sebatas gimmic saja seperti berkesempatan melakukan lucky dip atau warranty tambahan sesuai varian atau model.

"Untuk Ioniq EV dan Kona EV saat ini sudah tidak dijual karena tidak ada untinya. Ioniq 5 inden 2-3 bulan," kata tenaga penjual Hyundai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.