Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Modifikasi CVT buat Skutik, Siapkan Dana Rp 650.000

Kompas.com - 25/04/2024, 18:51 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen yang hendak mendongkrak performa skutik bisa coba melakukan modifikasi di sektor-sektor tertentu. Estimasi bujet pengeluaran juga bisa disesuaikan, tidak harus selalu mahal.

Satu contoh modifikasi murah, mudah, dan lumayan direkomendasikan untuk motor matik adalah merombak komponen CVT. Proses ini dikenal juga dengan istilah ‘modif kirian’, dan cukup populer.

Saat melakukan modifikasi, ada beberapa suku cadang bawaan pabrik yang diganti dengan aksesori aftermarket, yakni housing dan roller CVT, per CVT, v belt, serta puli.

Baca juga: Citroen C3 Aircross SUV Tak Punya Pilihan Transmisi Manual

Ilustrasi servis CVT motor matikDok. YIMM Ilustrasi servis CVT motor matik

Sukmo, Mekanik bengkel variasi Planet Motor Sport menjelaskan, modifikasi CVT motor matik juga terbilang ringkas dan cukup fleksibel, karena konsumen bisa memilih komponen apa saja yang hendak diganti.

“Ganti (komponen) satuan bisa, tapi kalau mau langsung terasa bedanya, mendingan gantinya satu set, ambil banyak sekalian,” ucapnya kepada Kompas.com di Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (25/4/2024).

Beberapa aksesori yang direkomendasikan bengkel untuk modifikasi ini adalah satu set housing dan roller CVT seharga Rp 650.000, per CVT Rp 100.000, dan v belt Rp 250.000. Ketiganya bisa divariasikan dengan menggunakan merek berbeda, tergantung performa incaran.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Penting Punya Kunci Torsi

Roller, pulley, dan per CVT aftermarket untuk skutikKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Roller, pulley, dan per CVT aftermarket untuk skutik

Beruntungnya, beberapa bengkel sudah menyediakan bundling modifikasi khusus, berisi aksesori-aksesori yang dibutuhkan. Harganya beragam mulai dari Rp 650.000, 1 juta, sampai lebih dari Rp 4 juta.

“Daytona dan Kawahara ada bundlingnya kalau mau cari yang murah-murah. Ya tapi ada harga ada kualitas, kalau mau lebih narik (performa meningkat) mending ambil custom satuan, nanti diracik sendiri,” kata dia.

Beberapa manfaat yang langsung terasa setelah melakukan modifikasi CVT motor matik mulai dari akselerasi lebih bertenaga, torsi menguat, dan RPM stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com