Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opsi Modifikasi Motor Matik, Modal Rp 150.000 Bisa Tambah Akselerasi

Kompas.com - 25/04/2024, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi untuk meningkatkan performa motor matik tidak selalu mahal, ada beberapa opsi menarik yang bisa dipertimbangkan, khusus untuk konsumen dengan bujet rendah.

Ternyata, modifikasi motor matik tetap bisa dilakukan dengan bujet mulai dari Rp 150.000 saja. Sektor performa juga bisa mengalami peningkatan.

Menurut anjuran beberapa mekanik di Sentra Otomotif Jalan Otista, Jatinegara, Jakarta Timur, bujet Rp 150.000 sudah bisa melakukan modifikasi sektor CVT alias kirian.

Prosesnya juga cukup mudah, cukup dengan membeli suku cadang berupa set roller CVT aftermarket. Opsinya ada banyak, jadi konsumen bisa memilih sesuai minat dan kebutuhan.

Baca juga: Bos Ducati Minta Jangan Bandingkan Marquez dengan Bagnaia dan Martin

Roller dan Pulley untuk CVT Honda PCXKOMPAS.com/daafa Roller dan Pulley untuk CVT Honda PCX

Alim, Penanggung Jawab toko aksesori Sun City Motor menjelaskan, beberapa merek roller yang cukup laris di pasaran contohnya adalah UMA Racing, Kawahara, Daytona, atau BRT. Kisaran harganya mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 600.000 untuk satu set.

“Paling banyak dicari UMA sama Kawahara, Uma mulai Rp 200.000 sekaligus pasang, kalau Kawahara mulai Rp 150.000. Masih banyak model lain yang lebih mahal,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Dia mengatakan, modifikasi roller memang bisa dianggap sebagai ‘momen perkenalan’, bagi konsumen pemula yang menggandrungi variasi motor.

Baca juga: ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Pulley CVT aftermarket untuk motor Honda PCXKOMPAS.com/daafa Pulley CVT aftermarket untuk motor Honda PCX

“CVT itu modifnya masih banyak, kalau mau jor-joran (modal besar) juga bisa sampai 10 juta lebih, tapi buat awalan ganti roller aja,” ucap dia.

Pendi, Mekanik bengkel variasi planet motor sport menjelaskan, roller CVT yang sudah dimodifikasi bisa membuat tarikan motor lebih responsif dan akselerasi meningkat.

“Kalau dibandingkan yang setelan ori (bawaan pabrik) jelas beda. Lumayan terasa, tapi kalau masih murah-murah, mungkin enggak terlalu besar efeknya ya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com