Kompas.com - 25/01/2022, 09:12 WIB

SERANG, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten mulai menambah tiga lokasi kamera untuk tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada awal tahun ini.

“Program penambahan ETLE tahap dua Ditlantas Polda Banten pada tahun 2022 ini ada di beberapa titik,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi, dalam keterangan resminya belum lama ini.

Ketiga titik baru pemasangan CCTV untuk ETLE statis ini berada di Jalan Raya Serang-Jakarta depan pintu keluar Mall of Serang (MOS), Simpang Empat Kebon Jahe di Kota Serang, dan Simpang Empat Ciruas di Kabupaten Serang.

Baca juga: Honda All New HR-V Tertangkap Kamera Sedang Syuting

“Untuk di simpang empat Ciceri, Kota Serang merupakan optimalisasi dari ETLE manual menjadi ETLE otomatis,” kata Kamarul menambahkan.

Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Saat ini ketiga kamera statis di lokasi baru tersebut sudah terkoneksi dengan ruang kontrol ETLE di Mapolda Banten. Meski begitu, Polda Banten masih menunggu izin operasional resmi dari Korlantas Polri.

“Saat ini sedang proses pemasangan peralatan dan untuk operasional ETLE tahap dua ini masih menunggu perintah dari Korlantas,” ujar ia lebih lanjut.

Baca juga: Tips Lewati Turunan Pakai Mobil Transmisi Matik dan Manual

Sejak diberlakukan secara nasional pada awal 2021, ETLE diklaim mampu mengatasi sejumlah permasalahan lalu lintas. Salah satunya mampu menciptakan situasi lalu lintas yang tertib tanpa perlu menerjunkan banyak personel kepolisian di jalanan.

Selain itu, penindakan tilang bagi para pelanggar juga lebih transparan dan minim risiko pungli. Dalam jangka panjang, kepercayaan masyarakat kepada polisi bisa meningkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.