Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Ergonomi Suzuki Gixxer SF 250, Nyaman Dipakai Harian?

Kompas.com - 24/01/2022, 17:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki Gixxer SF 250 merupakan motor laki yang bermain di segmen sport touring. Hal ini dibuktikan dari ergonomi berkendara yang masih nyaman ketika dipakai harian maupun perjalanan jauh.

Hal ini dirasakan test rider Kompas.com ketika mengendarai Gixxer SF 250 belum lama ini. Meskipun sebuah motor sport, posisi duduknya terbilang tegak ketimbang kompetitor di kelasnya.

Secara umum posisi badan memang condong ke depan, tapi tidak terlalu menunduk, lantaran setang motor berada di atas segitiga atau upper yoke.

Baca juga: Diskon Rp 16 Jutaan, Stok Karimun Wagon R di Diler Tersisa Satu Varian

Jika dibandingkan motor naked, tentu Gixxer SF 250 tetap memberikan rasa berkendara khas motor sport dengan posisi setang yang agak menekuk ke dalam.

Hal menarik yang membuat posisi duduk Gixxer SF 250 menjadi nyaman, adalah jarak setang ke badan yang tidak terlalu jauh.

Posisi ini membuat badan tidak perlu menunduk untuk menggapai setang. Hasilnya, buat test rider dengan tinggi 165 cm, jarak setang ke pengendara terbilang pas.

Baca juga: Honda All New HR-V Tertangkap Kamera Sedang Syuting

Ergonomi Suzuki Gixxer SF 250Screenshot Youtube Otomotif Kompascom Ergonomi Suzuki Gixxer SF 250

Apalagi tinggi jok ke tanah juga tidak terlalu jauh, meskipun kaki pengendara masih harus jinjit apabila kedua kaki menapak.

Selain itu, dengan bobot 161 kg yang artinya tidak berbeda jauh dengan motor sport 150 cc ataupun skutik 150 cc, mengendarai Gixxer SF 250 di perkotaan pun masih bersahabat, tidak terlampau berat.

Meliuk-liuk di antara mobil saat macet, masih mudah dilakukan. Catatan mungkin hanya datang dari spion standar, yang perlu disesuaikan terlebih dulu agar saat menyalip tidak menyenggol kendaraan di kemacetan.

Baca juga: Lelang SUV Mewah Lexus RX 300 Luxury, Limit Rp 900 Jutaan

Suzuki Gixxer SF 250KOMPAS.com/ADITYO WISNU Suzuki Gixxer SF 250

Sementara itu, saat dibawa berkendara jauh lebih dari 50 km, Gixxer SF 250 memang memberikan impresi yang berbeda dibandingkan kompetitor sekelasnya.

Rasa lelah mungkin sudah pasti dirasakan ketika perjalanan jarak jauh. Namun berkat posisi setang dan busa jok yang terbilang empuk, capek ketika touring bisa diminimalisir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com