Belasan Komunitas Meramaikan Street Race Bekasi di Meikarta

Kompas.com - 25/01/2022, 07:22 WIB
Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran. Ruly Kurniawan/Kompas.comStreet Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya, 14 komunitas pembalap motor jalanan akan mengikuti street race di wilayah Kabupaten Bekasi.

Informasi itu disampaikan oleh Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Gidion Arif Setyawan, terkait rencana menggelar ajang balap jalanan alias street race di Bekasi, Jawa Barat.

Acara lanjutan yang bertujuan untuk merangkul seluruh para pembalap jalanan yang kerap meresahkan masyarakat ini dihelat, Februari 2022.

“Kami sudah komunikasi dengan komunitas. Total ada 14 komunitas yang berbasis di Bekasi," ujar Gidion, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Polda Metro Jaya Siapkan Lokasi Street Race di Tangerang dan Bekasi

Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).
 

Dengan demikian, lanjut dia, pagelaran street race bakal lebih meriah dari sebelumnya yang dilaksanakan di kawasan Ancol, Jakarta Timur (16/1/2022).

"Kami buat acara yang lebih besar seiring dengan meningkatnya animo masyarakat. Karena ini kan safari, setelah Ancol, Kota Bekasi, Tangerang, kemudian Kabupaten Bekasi. Jadi animonya akan semakin banyak," ujar Gidion.

Menurutnya, diadakannya street race dapat mengurangi balap liar yang dilakukan pada malam hari dengan keamanan yang lebih baik seraya dibuat lebih seru.

Hanya saja, format dari balapan terkait tidak ada juara 1, 2, maupun 3 karena hanya merupakan latihan sesuai kesepakatan antar komunitas berkaitan.

Baca juga: Sandiaga Uno Lepas Touring Komunitas Lady Bikers

Para joki saat melakukan balapan dalam ajang street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para joki saat melakukan balapan dalam ajang street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).
 

Adapun rencana tempat yang digunakan ialah kawasan Central Park Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Mudah-mudahan Februari akhir, kalau enggak pertengahan ya Februari, karena sepertinya nunggu dua kota lain menyelenggarakan dulu," ujar Gidion.

"Harapannya, ini jadi cara mengalihkan persoalan sosial, balap liar ditransformasi menjadi balap yang tertib. Pola ini bisa mengubah struktur sosial jadi lebih baik lagi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.