Tips Beli Jimny Bekas untuk Modifikasi atau Restorasi

Kompas.com - 24/01/2022, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny mulai dari generasi pertama, hingga generasi ketiga yang meluncur pada 2019 lalu masih banyak digemari oleh konsumen Indonesia.

Hal ini terbukti dengan waktu inden generasi ketiga yang sampai 10 tahun, serta harga bekasnya yang relatif tinggi.

Namun bagi yang ingin memiliki Jimny, ada solusi lain yaitu dengan melakukan modifikasi atau restorasi dari generasi sebelumnya.

Generasi Jimny ke dua atau lansiran tahun 1981 sampai 1998 bisa menjadi pilihan karena memiliki harga di bawah Rp 100 juta dan terkenal memiliki mesin yang bandel.

Baca juga: Biaya Restorasi Jimny Lawas, Mulai Rp 50 Juta

Tak hanya itu, dengan sisa uang yang ada, bisa melakukan modifikasi atau restorasi sesuai dengan keinginan.

Kendati demikian, ada hal yang harus diperhatikan ketika memilih Jimny bekas. Pasalnya, generasi kedua sudah mulai berumur, jika tidak cermat dalam memilih, bisa-bisa biaya modifikasinya akan melambung tinggi.

proses restorasi jimnyKompas.com/Fathan Radityasani proses restorasi jimny

Denis Emmanuel, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4x4 mengatakan, dirinya memberikan tips bagi yang ingin membeli Jimny bekas untuk dimodifikasi atau direstorasi.

“Kalau saya pribadi akan merekomendasikan Jimny dengan tahun semuda mungkin, dengan kondisi mobil orisinal,” ucap Dennis saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Dennis pun mengungkapkan alasannya, yakni untuk mengantisipasi banyaknya pekerjaan pada bagian mobil mobil. Lebih bagus lagi jika kondisi bodi mobil masih mulus, jadi tidak perlu diperbaiki. Selain itu, Jimny tahun muda umumnya memiliki interior yang masih bagus.

Baca juga: Diskon Rp 16 Jutaan, Stok Karimun Wagon R di Diler Tersisa Satu Varian

“Pilih bodi yang cenderung masih bagus sehingga hanya sedikit PR. Termasuk semua kelengkapan lainnya seperti kaca, jendela, bangku, karet-karet, dan sebagainya,” kata dia.

Tak hanya itu, Menurut Dennis, Jimny tahun muda biasanya memiliki kondisi mesin yang cukup baik, sehingga perbaikan umumnya tidak parah.

Jika terpaksa membeli tahun tua, bisa diperhatikan pada bagian yang sering keropos seperti over fender, floor deck, dan lis plang.

“Ada juga kasus pada bagian belakang dekat bumper yang retak dan berkarat. Pada bagian bawah kaca depan juga bisa berkarat karen areanya yang rata dan air mudah menggenang,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.