Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citroen C3 Aircross SUV Tak Punya Pilihan Transmisi Manual

Kompas.com - 25/04/2024, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Citroen Indonesia meluncurkan C3 Aircross SUV yang menjadi penghuni baru di segmen mobil tujuh penumpang, sekaligus menjadi penantang bagi Honda BR-V dan Toyota Rush atau Daihatsu Terios.

SUV asal Perancis ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 289,9 juta. Sekaligus menjadi SUV tujuh penumpang bertransmisi matik termurah di kelasnya.

Berdasarkan spesifikasi, Citroen C3 Aircross SUV dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc 3 silinder turbo, yang mampu menghasilkan tenaga 110 Ps atau 108 Tk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.750 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca juga: Pilihan Box Motor Murah Buat Skutik Gambot, mulai Rp 350.000

Kombinasi spesifikasi ini cukup unik, lantaran Citroen tidak membekali C3 Aircross SUV dengan pilihan transmisi manual, sementara untuk model C3 justru tidak dibekali pilihan transmisi matik.

The All New C3 Aircrosss SUVKompas.com/Nanda The All New C3 Aircrosss SUV

Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer Citroen Indonesia mengatakan, alasan mengapa C3 Aircross SUV tak mengusung transmisi manual, karena menyesuaikan dengan permintaan pasar Indonesia.

“Sebenarnya Citroen akan masuk ke pasar tentu yang permintaan atau marketnya besar, yang populer dibutuhkan masyarakat, selalu mengarah ke situ. Jadi kalau kita lihat C3 Aircross SUV tentu kita sudah studi ini adalah kondisi spek yang sesuai dengan pasar Indonesia,” kata Tan, di Pantai Indah Kapuk, Selasa (23/4/2024).

Tan melanjutkan, untuk pasar mobil matik sebetulnya masih ada. Namun, kebanyakan dari mereka kini sudah beralih menggunakan transmisi matik.

“C3 manual itu ada market, tapi terus terang masyarakat sudah beralih ke matik, manual kecil (pasarnya),” kata Tan.

Baca juga: Cari Mini Cooper Bekas Pilih yang Warna Cerah?

Sebagai informasi, ada dua varian Citroen C3 Aircross SUV yang dipasarkan di Indonesia, yakni tipe monotone Rp 289,9 juta dan Rp 294,9 juta untuk tipe dualtone.

Melihat dari sisi harga, Citroen C3 Aircross SUV menjadi model sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang dengan harga yang paling terjangkau jika dibandingkan para kompetitornya.

Sebut saja Honda BR-V yang dijual Rp 318,4 juta dan Toyota Rush yang dibanderol Rp 295,2 juta, untuk tipe transmisi otomatis.

Meskipun kapasitas mesin yang ditawarkan The All New C3 Aircross SUV lebih kecil, yakni hanya 1.200 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com