Tips Lewati Turunan Pakai Mobil Transmisi Matik dan Manual

Kompas.com - 24/01/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kontur jalanan di Indonesia memang beragam. Tidak jarang ketika sedang menyetir, bisa ditemui jalanan dengan turunan yang tajam.

Ketika melewati turunan, pengemudi harus tetap waspada dan mengendalikan kecepatannya. Jangan sampai pengemudi malah terlalu kencang sehingga menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Lalu bagaimana tips melewati turunan?

Baca juga: Buat Pemula, Posisi Kaki yang Benar Saat Mengemudi Mobil Matik

Tuas transmisi manual Subaru WRX 2022PAULTAN.org Tuas transmisi manual Subaru WRX 2022

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, untuk mobil transmisi manual atau otomatis, intinya, sebelum melewati turunan, pilih transmisi dengan gigi yang rendah.

Untuk pengguna mobil manual, sebelum melewati turunan, pindahkan transmisi ke gigi rendah, misalnya seperti gigi tiga atau dua. Fungsi dari gigi rendah ini adalah menciptakan engine brake, sehingga laju kendaraan bisa dikendalikan dan tidak terlalu cepat.

“Kalau kondisi jalan kosong, jika menggunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju dengan lebih cepat ketimbang pakai gigi dua atau tiga,” ujar Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Pengemudi Hilang Konsentrasi Jadi Penyebab Kecelakaan Truk di Jalan Gatot Subroto

Sedangkan untuk mobil matik, bisa memindahkan tuas dari posisi D ke gigi yang rendah. Biasanya di transmisi otomatis, tepat di bawah gigi D, ada pilihan gigi rendah seperti D2 atau L.

“Tidak jauh berbeda, pengemudi tetap harus menggunakan transmisi rendah agar efek engine brake seperti mobil manual. Apabila sistem matik pada umumnya, maka ketika dari posisi D dipindahkan ke D2. Otomatis jika dipindah ke D2, kalau ibarat manual giginya akan pindah menjadi 1 atau 2,” kata Suparman.

Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik- Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik

Secara teori, itu hanya trik dasar ketika melewati jalan menurun, selebihnya disesuaikan dengan kondisi jalan.

“Pastikan kurangi kecepatan apabilan di turunan, agar pengemudi bisa mengendalikan mobil dengan sempurna,” ucapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.