Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polytron Pasang Pengamanan Berlapis Motor Listrik

Kompas.com - 26/04/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Motor listrik Polytron dilengkapi dengan banyak fitur, termasuk soal keamanan. Sistem tersebut mencegah motor dicuri, mulai dari alarm, wheel lock, sampai GPS.

CEO Polytron Hariono mengatakan, Fox R dan Fox S merupakan motor yang tidak mudah dicuri, menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen sampai perusahaan pembiayaan.

Hariono bilang, motor listrik itu baterainya mahal, sehingga harus sulit untuk dicuri. Makanya Fox R dan Fox S dilengkapi dengan dua lapis keamanan.

Baca juga: Lihat Langsung Produksi Sepeda Motor Listrik Polytron

Pabrik perakitan motor listrik PolytronKOMPAS.com/FATHAN Pabrik perakitan motor listrik Polytron

"Pertama, sistem pengaman pakai wheel lock. Kalau kita lihat pencurian motor bensin, itu kuncinya biasa ada di setang, gampang patah," kata Hariono di Semarang, Rabu (24/4/2024).

Hariono menjelaskan, saat motor dikunci lewat remot, maka roda otomatis mengunci. Misal mau dibawa, maka harus diangkat dan motor itu sebenarnya berat.

"Cuma karena berat, alarm juga keburu bunyi," kata Hariono.

Baca juga: Wanita Juga Bisa Jadi Sopir Truk, Pahami Triknya

Pengaman lapis kedua adalah dengan GPS. Pernah kejadian pencurian Fox R karena pemiliknya lupa mengunci dengan alarm.

"Mereka lapor (kehilangan). Melalui GPS kita matikan mesinnya. Akhirnya motor enggak bisa jalan dan ditinggal pencurinya," kata Hariono.

Motor Polytron sudah dilengkapi dengan koneksi ke internet, makanya bisa dipasang GPS. Kabarnya nanti, sistem pengamannya akan dibuat semakin canggih, tanpa perlu pencet lock di remot, sudah langsung aktif.

"Begitu kunci dilepas, first layer security (alarm dan wheel lock) itu harus langsung kerja. Karena itu saja masih bisa dicuri, meski dia tidak bisa menembus layer kedua yang GPS. Asal orangnya segera laporan (ke Polytron)," kata Hariono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com