Ini Persiapan Mitsubishi Agar Xpander Lulus Pajak Karbon

Kompas.com - 29/11/2021, 11:08 WIB
Mitsubishi Xpander pada pameran GIIAS 2021. KOMPAS.com/DIO DANANJAYAMitsubishi Xpander pada pameran GIIAS 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan perang mobil MPV murah di Indonesia pada penghujung 2021, Mitsubishi meluncurkan New Xpander, Senin (8/11/2021).

Sontak New Xpander jadi salah satu primadona di lantai ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang baru saja digelar pertengahan November ini.

Berdasarkan data di atas kertas, New Xpander masih dibekali dapur pacu MIVEC DOHC 16 katup 1.500 cc. Mesin ini diklaim mampu mengolah tenaga hingga 103 tk dan torsi puncak 141 Nm.

Baca juga: Satu Lagi Brand Bodykit Lokal, Hadir di Innova dan Fortuner

Meski masih menggunakan mesin yang sama seperti versi lawasnya, New Xpander mendapatkan penyempurnaan dengan teknologi yang menekan emisi gas buang. Fitur ini diberi nama Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Mitsubishi Xpander facelift.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander facelift.

Fitur EGR diklaim menambahkan dua keunggulan pada mesin MIVEC tersebut, yakni mengurangi emisi gas buang sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

"Untuk menghasilkan emisi yang baik tentunya, walaupun kami menggunakan basis mesin yang sama. Tapi, ada sistem yang digunakan, yaitu EGR sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik," kata Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Sopir Mercy Lawan Arus karena Pikun, Bisa Dijatuhi Hukuman?

Memang hingga saat ini seluruh tipe dan varian New Xpander tengah mengantre untuk uji emisi di Kementerian Perhubungan. Hal tersebut turut disampaikan Guntur pada kesempatan yang sama.

Namun dengan fitur EGR yang disematkan, Mitsubishi percaya diri bahwa New Xpander sukses lolos uji emisi sesuai dengan ketentuan pemerintah.

"Sampai saat ini seluruh tipe Xpander sudah kami dapatkan pengujian emisi CO2-nya dan sedang menunggu antrean dari Kementerian Perhubungan untuk uji emisi. Kami berkeyakinan bahwa Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimal," ucap Guntur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.