Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Merasa Tua Setelah Resmi Pensiun

Kompas.com - 29/11/2021, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TAVULLIA, KOMPAS.com - Valentino Rossi resmi gantung helm usai MotoGP 2021. The Doctor mengatakan, umurnya memang sudah tak muda tapi semangatnya tetap seperti remaja.

“Valentino Rossi lebih seperti anak-anak daripada orang dewasa, saya merasa sangat dekat dengan ketika saya berusia 25 dari banyak sudut pandang, terutama sebagai pebalap,” katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Senin (29/11/2021).

Rossi mengatakan, dia pensiun karena tua, walaupun usia 40 tahun sebetulnya masih muda. Catatan umur itu hanya tua untuk kejuaraan sekelas MotoGP, tapi tidak untuk pribadi.

Baca juga: Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis, Ini Penyebabnya

Valentino Rossi berpose di motor-motor yang pernah membawanya jadi juara dunia.Foto: Tuttomotoriweb.it/Dorna Valentino Rossi berpose di motor-motor yang pernah membawanya jadi juara dunia.

“Tetapi akan menyedihkan untuk tidak berevolusi dan tidak berubah, itu adalah kehidupan setiap orang," katanya.

"Empat puluh adalah usia yang bagus untuk dimiliki, menyenangkan, Anda masih memiliki gerakan yang bagus tetapi Anda memiliki pengalaman. Sayangnya Anda sudah tua untuk menjadi pebalap MotoGP, tapi selain itu tidak apa-apa,” ungkapnya.

Rossi mengatakan tak mudah bersaing di tahun-tahun terakhirnya. Bagaimanapun usia berpengaruh pada performa. Meski berusaha keras, dia tak mampu menyaingi pebalap muda.

“Saya pensiun karena saya sudah tua. Saya ingin melanjutkan balapan selama beberapa tahun lagi, jujur. Tapi itu sangat tergantung pada hasil," katanya.

Baca juga: Simulasi Kredit Sedan Toyota Vios, Cicilan Mulai Rp 6 Jutaan

Hasil MotoGP Valencia: Pebalap Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai kepada para penggemar saat ia membalap pada sesi latihan bebas di MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 13 November 2021.AFP/JOSE JORDAN Hasil MotoGP Valencia: Pebalap Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai kepada para penggemar saat ia membalap pada sesi latihan bebas di MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 13 November 2021.

"Tahun ini saya mencobanya, itu adalah tantangan besar. Saya berubah sedikit dan berpikir dan berharap untuk menjadi sedikit lebih kompetitif," ungkap Rossi.

"Tapi mereka semua berjalan sangat cepat. Jika tidak ada hasil menurut saya tidak layak dilanjutkan, saya akan melakukan hal lain,” katanya.

Rossi mengatakan rahasia punya karier panjang di MotoGP karena dia melakukan pelatihan intensif dan konsisten menjalaninya.

"Setiap tahun, untuk mencoba tetap di puncak, tetapi juga untuk finis kesepuluh di Misano tahun ini, saya membuat ac ** o,” kata Vale.

Baca juga: Sensasi Berkendara Civic Type R Jadi Mobil Harian

Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi dan pebalao Ducati Francesco Bagnaia pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 13 Agustus 2021.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi dan pebalao Ducati Francesco Bagnaia pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 13 Agustus 2021.

“Saya banyak berlatih mencoba untuk tetap fokus, ini saatnya untuk mengatakan cukup, ada tiga balapan tersisa. Ketika Anda tahu Anda harus bangun dan pergi sejauh sepuluh kilometer, Anda ingin tinggal di rumah dan bermain PlayStation. Atau duduk di meja dan minum segelas anggur," katanya.

"Tapi saya melakukannya (berlatih), saya tidak merasa begitu lelah baik secara mental maupun fisik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com