Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Menyetir Xpander Facelift, Rasanya Beda Sekali

Kompas.com - 18/11/2021, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com – Salah satu hal menarik dari Xpander facelift adalah penggunaan transmisi CVT baru, yang menggantikan transmisi otomatis 4-speed sebelumnya. Dengan ubahan ini, Xpander menawarkan pengalaman berkendara yang terasa berbeda sekali dari model sebelumnya.

Tak seperti transmisi otomatis dengan torque converter, secara teknis transmisi CVT dirancang tanpa perpindahan gigi. Alhasil ketika kami coba penyaluran tenaga terasa linier dan halus.

Meski begitu, Mitsubishi menyematkan sensasi perpindahan gigi virtual selayaknya transmisi otomatis 8-speed pada Xpander facelift.

Baca juga: Geser Xpander Cross, All New Veloz Jadi LMPV Termahal

Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.

Namun, impresinya memang tak sama dengan transmisi roda gigi pada umumnya. Transmisi tetap menyalurkan tenaga dari mesin ke roda tanpa entakan.

Apalagi Mitsubishi masih menyematkan mesin berkode 4A91 1.500 cc MIVEC DOHC 16 Valve yang telah berspesifikasi Euro 4. Mesin ini menghasilkan tenaga 105 PS atau setara 103 tk dan torsi 141 Nm.

Performanya saat dicoba masih sama, akselerasi terasa biasa saja. Tapi suara deru mesin tidak begitu terdengar saat berada di dalamnya.

Baca juga: Komparasi New Veloz dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

Mitsubishi Xpander saat melaju di jalan bergelombang.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander saat melaju di jalan bergelombang.

Ubahan kemudian berlanjut ke peningkatan kualitas suspensi. Mitsubishi menyebut peningkatan kualitas sokbreker, dilakukan dengan tuning terbaru.

Saat dicoba di Bridgestone Proving Ground di Karawang, Jawa Barat, bantingan Xpander memang terasa lebih empuk dan nyaman.

Terutama saat melaju di simulasi jalan kasar dan tidak rata, pada kecepatan 60 kpj sampai 80 kpj. Sementara itu, ketika melaju 30 kpj sampai 50 kpj bantingan justru lebih terasa di kabin.

Baca juga: Sensasi Berkendara Toyota All New Avanza yang Tak Lagi Seperti Dulu

Mitsubishi Xpander facelift.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander facelift.

Sedangkan saat membawa Xpander melewati jalan beton atau cor-coran seperti di jalan tol, mobil tetap stabil meski medan yang dilewati agak bergelombang. Begitu juga dengan intrusi suara yang masuk ke interior terbilang minim.

Kemudian pengendalian juga semakin baik. Mobil mudah diajak bermanuver pada kecepatan tinggi, walaupun body roll atau limbung masih terasa. Setir juga secara otomatis kembali ke posisi awal, setelah melakukan berbagai manuver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com