Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Persiapan Mitsubishi Agar Xpander Lulus Pajak Karbon

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan perang mobil MPV murah di Indonesia pada penghujung 2021, Mitsubishi meluncurkan New Xpander, Senin (8/11/2021).

Sontak New Xpander jadi salah satu primadona di lantai ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang baru saja digelar pertengahan November ini.

Berdasarkan data di atas kertas, New Xpander masih dibekali dapur pacu MIVEC DOHC 16 katup 1.500 cc. Mesin ini diklaim mampu mengolah tenaga hingga 103 tk dan torsi puncak 141 Nm.

Meski masih menggunakan mesin yang sama seperti versi lawasnya, New Xpander mendapatkan penyempurnaan dengan teknologi yang menekan emisi gas buang. Fitur ini diberi nama Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Fitur EGR diklaim menambahkan dua keunggulan pada mesin MIVEC tersebut, yakni mengurangi emisi gas buang sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

"Untuk menghasilkan emisi yang baik tentunya, walaupun kami menggunakan basis mesin yang sama. Tapi, ada sistem yang digunakan, yaitu EGR sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik," kata Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, Selasa (16/11/2021).

Memang hingga saat ini seluruh tipe dan varian New Xpander tengah mengantre untuk uji emisi di Kementerian Perhubungan. Hal tersebut turut disampaikan Guntur pada kesempatan yang sama.

Namun dengan fitur EGR yang disematkan, Mitsubishi percaya diri bahwa New Xpander sukses lolos uji emisi sesuai dengan ketentuan pemerintah.

"Sampai saat ini seluruh tipe Xpander sudah kami dapatkan pengujian emisi CO2-nya dan sedang menunggu antrean dari Kementerian Perhubungan untuk uji emisi. Kami berkeyakinan bahwa Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimal," ucap Guntur.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/29/110850615/ini-persiapan-mitsubishi-agar-xpander-lulus-pajak-karbon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke