Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Kompas.com - 26/04/2024, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontrak Pramac Racing dengan Ducati akan berakhir musim ini. Belum lama ini, tim satelit tersebut dikabarkan mulai bernegosiasi dengan Yamaha.

Yamaha mulai balapan di MotoGP tanpa tim satelit sejak musim lalu hingga musim ini. Pabrikan asal Jepang tersebut kesulitan mencari tim satelit karena motor yang kurang kompetitif.

Baca juga: Pramac Racing Niat Gaet Marquez di Musim Depan

Dikutip dari Speedweek.com, Kamis (25/4/2024), Yamaha dikabarkan mulai intensif melakukan negosiasi dengan Pramac Racing. Pasalnya, tim satelit tersebut juga dikabarkan akan berpisah dengan Ducati.

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala memimpin balapan MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, 24 Maret 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala memimpin balapan MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, 24 Maret 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Terlepas dari hubungan panjang yang bebas dari konflik serius sejak didirikan pada tahun 2005, Pramac kabarnya akan berpisah dengan Ducati. Pasalnya, manajemen Ducati beberapa kali menegaskan bahwa tim di Borgo Panigale beroperasi pada batas kapasitasnya.

Melengkapi lebih dari satu tim dengan Desmosedici model lama tidak mungkin dilakukan, menurut manajemen Ducati Corse. Pada saat yang sama, baik Gresini dan VR46 sedang berusaha keras.

Baca juga: Tampil Baik, Pramac Bakal Bersama Ducati sampai 2026

Situasinya cukup rumit di kubu Ducati karena pebalapnya juga saling berebut tempat. Enea Bastianini bersaing ketat dengan Jorge Martin. Jika Bastianini tetap di tim pabrikan, Martin akan keluar dari Pramac dan mencari tim pabrikan lainnya. Bagaimanapun keadaannya, Martin tetap akan keluar dari Pramac.

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, 22-24 Maret 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, 22-24 Maret 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Lin Jarvis, Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing, mengatakan, target terakhirnya sebelum pensiun di akhir musim ini adalah mendapatkan tim satelit untuk Yamaha.

Jika Ducati kehilangan satu tim satelit, kedua motor tersebut jadi bisa digunakan oleh Gresini dan VR46. Namun, sedikit merugi, karena Pramac saat ini berada di puncak klasemen sementara.

Sementara, jika Pramac beralih ke Yamaha, kedua pebalapnya juga akan kesulitan karena motornya yang kurang kompetitif. Tapi, Yamaha saat ini sudah melakukan perombakan di internal dan menyiapkan anggaran yang besar untuk bisa kembali ke barisan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com