Cuci Mobil Sendiri, Disarankan Pakai Lebih dari Satu Lap Microfiber

Kompas.com - 06/10/2021, 17:12 WIB
Bersihkan mobil usai kehujanan KompasOtomotifBersihkan mobil usai kehujanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa cuci mobil memang banyak tersedia di tiap daerah. Namun, sebagian pemilik mobil masih memiliki preferensi untuk mencuci mobilnya secara mandiri.

Selain agar hemat biaya, ada pula yang beralasan bahwa mencuci mobil sendiri menjadi salah satu hobi atau aktivitas bersenang-senang. Namun dalam praktiknya, kerap terjadi kesalahan yang biasa dilakukan oleh si pemilik mobil.

Kesalahan ini sifatnya mendasar, berkaitan dengan penggunaan lap seperti microfiber. Tidak jarang pemilik mobil hanya mengandalkan satu lap microfiber untuk membersihkan seluruh eksterior mobil. Padahal, hal tersebut berisiko melukai bodi mobil.

Baca juga: Lihat Pengendara Motor yang Ngobrol di Jalan, Jangan Ditegur

“Kalau saran saya punya beberapa lap microfiber. Hal yang paling mudah, agar bodi atau kaca tidak mudah tergores,” ujar Christopher Sebastian, CEO Topcoat Indonesia kepada Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi Lap MicrofiberKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Lap Microfiber

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasannya menyarankan penggunaan lap microfiber lebih dari satu helai disebabkan bahwa eksterior mobil terdiri dari beberapa bagian dengan material komponen yang berbeda, mulai dari bagian atas hingga bawah.

Penggunaan lap yang hanya satu helai saja akan menyebabkan kotoran yang menempel pada lap tersebut merusak bodi dan kaca mobil.

Baca juga: Avanza Baru Jadi FWD, Apa Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan?

“Kalau bodi mungkin masih bisa diselamatkan, tetapi kalau kaca, selain mengganggu visibilitas, juga proses menghilangkan baret pada kaca itu cukup sulit,” kata dia melanjutkan.

Oleh sebab itu, lakukan aktivitas mengelap eksterior mobil dari bagian yang terbersih dahulu. Lalu, proses membersihkan tiap bagian eksterior dilakukan dengan lap yang berbeda.

Untuk atap dan bodi atas mobil pakai satu lap, bodi bagian bawah satu helai lap, dan terakhir satu lap khusus untuk membersihkan kaca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.