Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuci Mobil Sendiri, Disarankan Pakai Lebih dari Satu Lap Microfiber

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa cuci mobil memang banyak tersedia di tiap daerah. Namun, sebagian pemilik mobil masih memiliki preferensi untuk mencuci mobilnya secara mandiri.

Selain agar hemat biaya, ada pula yang beralasan bahwa mencuci mobil sendiri menjadi salah satu hobi atau aktivitas bersenang-senang. Namun dalam praktiknya, kerap terjadi kesalahan yang biasa dilakukan oleh si pemilik mobil.

Kesalahan ini sifatnya mendasar, berkaitan dengan penggunaan lap seperti microfiber. Tidak jarang pemilik mobil hanya mengandalkan satu lap microfiber untuk membersihkan seluruh eksterior mobil. Padahal, hal tersebut berisiko melukai bodi mobil.

“Kalau saran saya punya beberapa lap microfiber. Hal yang paling mudah, agar bodi atau kaca tidak mudah tergores,” ujar Christopher Sebastian, CEO Topcoat Indonesia kepada Kompas.com belum lama ini.

Alasannya menyarankan penggunaan lap microfiber lebih dari satu helai disebabkan bahwa eksterior mobil terdiri dari beberapa bagian dengan material komponen yang berbeda, mulai dari bagian atas hingga bawah.

Penggunaan lap yang hanya satu helai saja akan menyebabkan kotoran yang menempel pada lap tersebut merusak bodi dan kaca mobil.

“Kalau bodi mungkin masih bisa diselamatkan, tetapi kalau kaca, selain mengganggu visibilitas, juga proses menghilangkan baret pada kaca itu cukup sulit,” kata dia melanjutkan.

Oleh sebab itu, lakukan aktivitas mengelap eksterior mobil dari bagian yang terbersih dahulu. Lalu, proses membersihkan tiap bagian eksterior dilakukan dengan lap yang berbeda.

Untuk atap dan bodi atas mobil pakai satu lap, bodi bagian bawah satu helai lap, dan terakhir satu lap khusus untuk membersihkan kaca.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/06/171200715/cuci-mobil-sendiri-disarankan-pakai-lebih-dari-satu-lap-microfiber

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke