Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irit dan Bertenaga, Mesin 1.2L Rocky Bakal Diadopsi Sigra dan Ayla ?

Kompas.com - 06/10/2021, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sukses mengembangkan mesin 3 silinder baru dengan kode WA-VE yang digunakan pada Rocky 1.200 cc.

Mesin tersebut mampu menyuplai tenaga sebesar 88 Ps atau 86,7 tk pada 6.000 rpm. Sementara torsinya juga cukup menarik, yakni 113 Nm di 4.500 rpm dan 107 Nm pada putaran 2.000 rpm

Dibandingkan dengan mesin 4 silinder 3NR-VE yang digunakan pada Sigra saat ini. Secara performa tenaga beda tipis, tapi untuk torsi jauh lebih baik, yang membuat mesin baru ini juga diklaim lebih efesin dalam hal bahan bakar.

Baca juga: Impresi Performa Daihatsu Rocky 1.2L, Buang Stigma Mesin 3 Silinder

"Pengembangan kami lakukan bersama R&D Jepang, ada banyak pembaruan yang kami lakukan. Dari keseluruhan, dimensinya ini sangat compact dari mesin sebelumnya, lebar 365 mm, tinggi 540 mm, dan beratnya hanya 65 kg, turun 10 kg dari sebelumnya yang 75 kg," kata Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT ADM, saat bertemu di Test Course R&D Center, Karawang, pada Selasa (5/10/2021).

Mesin Daihatsu Rocky 1.2LKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mesin Daihatsu Rocky 1.2L

Pertanyaan, apakah dengan pengembangan mesin baru ini, nantinya Daihatsu juga bakal menerapkan pada Sigra dan Ayla 1.200 cc yang sampai saat ini masih menggunakan mesin 3NR-VE.

Hal tersebut sangat mungkin sekali diterapkan, apalagi memang basis dari pengembangan mesin tersebut dirancang R&D ADM bersama tim Daihatsu Motor Company Jepang yang telah melewati serangkaian uji tes jalan dengan 24 kondisi jalan di Indonesia.

Namun ketikan menanyakan hal ini, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM mengatakan, sejauh ini belum ada rencana ke arah sana.

Baca juga: Akhirnya Daihatsu Buka Suara soal Generasi Baru Avanza-Xenia

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L ADM Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

"Untuk saat ini masih belum (mesin pengganti) Ayla dan Sigra. Jadi mesin baru ini baru untuk Rocky 1.200 cc. Kalau memang dibutuhkan, pada waktunya kita akan lihat. Kalau saat ini belum ada rencana," ucap Amel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com