Avanza Baru Jadi FWD, Apa Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan?

Kompas.com - 05/10/2021, 17:01 WIB
Gambar render calon Toyota Avanza model baru. Bagas Satria AkbarGambar render calon Toyota Avanza model baru.

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Avanza generasi terbaru yang dikabarkan rilis akhir tahun 2021 memiliki banyak ubahan dari generasi sebelumnya. Salah satu yang berubah drastis adalah kabar kalau generasi terbaru akan berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive atau FWD).

Padahal, dari generasi pertama hingga kedua, Avanza menggunakan penggerak belakang atau Rear Wheel Drive (RWD). Baik FWD maupun RWD, sebenarnya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lalu bagi yang berniat ingin membeli Avanza generasi terbaru ini, apa saja kelebihan yang ditawarkan mobil penggerak roda depan?

Baca juga: Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

Ilustrasi Mobil dengan posisi mesin di depan dan menggerakkan roda depan juga.buildyourownracecar.com Ilustrasi Mobil dengan posisi mesin di depan dan menggerakkan roda depan juga.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, salah satu keunggulan dari mobil FWD adalah lebih efisien daripada RWD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau penggerak belakang karena banyak komponennya, sehingga ada tenaga yang terbuang. Sedangkan kalau penggerak depan tidak, jadi lebih efisien,” kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Selain itu, karena tidak ada kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, mobil FWD dek lantai kabinnya rata. Hal ini juga yang membuat penumpang belakang lebih leluasa bergerak.

Baca juga: Momen Miller Biarkan Bagnaia Lewat pada MotoGP Amerika

“Untuk kemudi, secara teori penggerak depan cenderung understeer, karena roda sebagai penggerak dan belok. Namun dari pabrikan sebenarnya sudah disetel, jadi tidak masalah,” ucap Didi.

Kemudian, jika mobil diisi dengan beban yang berat, mobil RWD cenderung lebih baik, karena dia roda belakang mendorong. Sedangkan kalau roda depan menarik, jadi sedikit kesulitan saat harus mengangkut beban berat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.