Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Baru Jadi FWD, Apa Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan?

Kompas.com - 05/10/2021, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Avanza generasi terbaru yang dikabarkan rilis akhir tahun 2021 memiliki banyak ubahan dari generasi sebelumnya. Salah satu yang berubah drastis adalah kabar kalau generasi terbaru akan berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive atau FWD).

Padahal, dari generasi pertama hingga kedua, Avanza menggunakan penggerak belakang atau Rear Wheel Drive (RWD). Baik FWD maupun RWD, sebenarnya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lalu bagi yang berniat ingin membeli Avanza generasi terbaru ini, apa saja kelebihan yang ditawarkan mobil penggerak roda depan?

Baca juga: Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

Ilustrasi Mobil dengan posisi mesin di depan dan menggerakkan roda depan juga.buildyourownracecar.com Ilustrasi Mobil dengan posisi mesin di depan dan menggerakkan roda depan juga.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, salah satu keunggulan dari mobil FWD adalah lebih efisien daripada RWD.

“Kalau penggerak belakang karena banyak komponennya, sehingga ada tenaga yang terbuang. Sedangkan kalau penggerak depan tidak, jadi lebih efisien,” kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Selain itu, karena tidak ada kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, mobil FWD dek lantai kabinnya rata. Hal ini juga yang membuat penumpang belakang lebih leluasa bergerak.

Baca juga: Momen Miller Biarkan Bagnaia Lewat pada MotoGP Amerika

“Untuk kemudi, secara teori penggerak depan cenderung understeer, karena roda sebagai penggerak dan belok. Namun dari pabrikan sebenarnya sudah disetel, jadi tidak masalah,” ucap Didi.

Kemudian, jika mobil diisi dengan beban yang berat, mobil RWD cenderung lebih baik, karena dia roda belakang mendorong. Sedangkan kalau roda depan menarik, jadi sedikit kesulitan saat harus mengangkut beban berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com