Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kebersihan Motor Sebelum Ditinggal Liburan Nataru

Kompas.com - 25/12/2020, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengambil cuti saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk pergi ke luar kota. Sebelum pergi meninggalkan sepeda motor di rumah, ada baiknya memerhatikan beberapa hal berikut.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menganjurkan untuk mencuci dan membersihkan motor sebelum pergi. Selain kebersihan motor, perhatikan juga tempat memarkir atau menyimpannya.

Baca juga: Road Trip saat Libur Nataru, Lakukan Ini untuk Mencegah Microsleep

"Tempat penyimpanan disarankan di tempat yang bersih, karena takutnya ada tikus," kata Rendra, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi tikus yang mengganggu kenyamanan rumahDok. Alexas Fotos - Pixabay Ilustrasi tikus yang mengganggu kenyamanan rumah

Rendra menambahkan, tikus yang bersarang di dalam motor bisa menggigiti kabel-kabel kelistrikan. Selain itu, hindari juga terkena hujan.

Dalam Buku Pedoman Pemilik Kendaraan Bermotor, dianjurkan untuk mengoleskan wax pada semua permukaan yang dicat. Tapi, jangan dioleskan pada permukaan yang dicat warna matte atau dof.

Baca juga: Simak Jadwal Pelayanan Samsat Polda Metro Jaya Saat Libur Nataru

Selain itu, berikan juga lapisan oli pencegah karat pada semua komponen berlapis chrome.

Apabila hendak meninggalkan motor dalam waktu lama, paling aman adalah menyimpannya di dalam rumah. Tak hanya lebih aman, tapi motor juga akan terlindung dari cuaca, baik sinar matahari langsung atau cipratan air hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com