Apakah Fungsi Koil pada Sepeda Motor dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 25/12/2020, 08:42 WIB
Koil sepeda motor teknikotomotif.co.idKoil sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu komponen penting pada mesin dengan sistem pembakaran yaitu koil. Secara bentuk, koil memang nampak seperti kabel biasa yang dipasang ke atas busi, padahal fungsinya sangat krusial.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, fungsi dari koil yaitu untuk meninggikan tegangan listrik yang rendah menjadi tinggi, hingga 30.000 volt.

“Jadi koil untuk menyalakan pembakaran di ruang bakar. Kalau busi fungsinya meneruskan bunga api yang dikeluarkan oleh koil menuju ruang bakar,” kata Endro kepada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Bus Milik PO SAN yang Spesial, Jetbus SD-V3+

Koil sepeda motorteknikotomotif.co.id Koil sepeda motor

Busi membutuhkan tegangan listrik yang tinggi agar mampu memercikkan bunga api. Di sini lah fungsi koil sangat dibutuhkan, karena tegangan arus listrik dari aki saja masih terlalu rendah, berkisar 12 volt.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tegangan yang dihasilkan oleh koil didapat dari dua jenis kumparan pada koil, yakni kumparan primer dan kumparan sekunder.

Baca juga: Tergerus Skutik, Ini 4 Motor Bebek yang Meluncur Sepanjang 2020

Kedua kumparan tersebut akan menaikkan tegangan yang diterima dari aki jika kelistrikannya Direct Current (DC). Sedangkan untuk Alternating Current (AC), tegangan diterima dari Capacitor Discharge Ignition (CDI).

Cara kerjanya, koil akan menerima tegangan dari CDI atau ECM atau aki. Kamudian tegangannya akan diinduksikan dari tegangan rendah menjadi tegangan tinggi,” kata Endro.

Otomotif Kompas.com mulai menggulirkan rubrik baru, Otopedia, yang membahas seputar otomotif, terutama dalam hal ilmu pengetahuan, baik teknis, mekanis, maupun historis.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.