Sambut MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Fasilitas Transportasi

Kompas.com - 18/02/2022, 12:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comDirektorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan dukungan untuk perhelatan MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB, pada 18-20 Maret 2022.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, mengatakan, pihaknya menganggarkan total biaya Rp 21,2 miliar untuk gelaran tersebut.

“Secara bertahap kami di Ditjen Hubdat memberikan beberapa dukungan, baik berupa fasilitas keselamatan, juga transportasinya," ujar Budi, dalam keterangan tertulis (17/2/2022).

Baca juga: Viral, Video Emak-emak Nekat Terobos Jalan Cor yang Masih Basah

Shuttle bus model lower deck beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (29/5/2017).Dokumentasi PT Angkasa Pura II Shuttle bus model lower deck beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (29/5/2017).

Pertama, dukungan shuttle bus dengan anggaran Rp 5,4 Miliar dengan kebutuhan 188 unit di mana 85 unit bus dari Kemenhub dan 103 unit dari ITDC untuk shuttle bus di kawasan Mandalika.

Jumlah bus tersebut telah disesuaikan untuk mengangkut penumpang sebanyak 63 ribu orang dan dapat digunakan secara gratis.

Sementara itu, akan ada dukungan berupa bus antarmoda untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute yang menghubungkan pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Motor Keyless Dirampas Begal

Bus masuk terminal Anak Aia Padang sejak dioperasikan Jumat (24/12/2021) laluKOMPAS.COM/PERDANA PUTRA Bus masuk terminal Anak Aia Padang sejak dioperasikan Jumat (24/12/2021) lalu

“Untuk bus antarmoda kami siapkan 278 bus. Nantinya semua pergerakan penumpang baik di dalam kawasan maupun di luar akan menggunakan angkutan yang disediakan. Berikutnya pembangunan 4 halte bus dan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk mendukung beberapa ruas jalan,” ucap Budi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mempersiapkan sebuah skema Manajemen Rekayasa Lalu lintas (MRLL).

“Dengan peningkatan kendaraan dan banyaknya masyarakat tentunya akan banyak kendaraan yang memicu kemacetan," kata Budi.

Baca juga: Perbandingan Teknis Toyota Voxy dan Nissan Serena, Siapa Unggul?

Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Oleh karena itu kami bekerja sama dengan Kepolisian akan menyiapkan MRLL sehingga diharapkan kelancaran akan terjamin dan mengatur pergerakan kendaraan dari satu titik ke titik lain,” ttur dia.

Menurutnya, potensi penumpang per hari antarmoda MotoGP sebanyak 30.975 penumpang. Sementara jumlah penonton motoGP diperkirakan sebanyak 63.698 orang. Selama 3 hari terjadi peningkatan penumpang antarmoda.

Baca juga: Pengendara Motor Asal Selonong Keluar Gang, Kebiasaan Sulit Diubah

Suasana pelabuhan Lembar terpantau sepi, sehari jelang pelarangan mudik yang berlaku tanggal 6-17 Mei 2021.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUM Suasana pelabuhan Lembar terpantau sepi, sehari jelang pelarangan mudik yang berlaku tanggal 6-17 Mei 2021.

Berikut ini pelayanan angkutan antarmoda yang disediakan Kemenhub:

1. Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Bangsal (bus kecil);
2. Sirkuit Mandalika – Pusat kota Mataram (bus sedang);
3. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Lembar (bus kecil);
4. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Gilimas (bus kecil);
5. Sirkuit Mandalika – Bandara Bizam (bus besar);
6. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Kahyangan (bus kecil).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.