Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Fitur Unggulan Yamaha Fazzio Hybrid-Connected

Kompas.com - 18/02/2022, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Fazzio Hybrid - Connected membuka kelas baru di segmen skutik entry level yaitu skutik dengan tambahan tenaga bersumber listrik alias hibrida.

Kompas.com sudah pernah me-review saat peluncuran kemudian juga merasakan performa motor saat sesi test ride. Kini Kompas.com kencan lebih dalam dengan Fazzio selama beberapa hari.

Ada beberapa poin yang bisa diulas dari tes harian kali ini. Bahas desain sudah diulas dalam tulisan sebelumnya, kali ini Kompas.com akan mengulas mengenai fitur.

Fitur punya pengaruh kuat dalam sebuah produk terutama sepeda motor. Konsumen biasanya membandingkan harga dengan fitur yang didapat. Terutama fitur motor satu dengan lainnya.

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Baca juga: Belok Mendadak, Kebiasaan Pengendara Motor yang Bikin Celaka 

Fazzio dilengkapi dengan lampu LED, klaster instrumen digital dengan layar model negative display. Sisi keamanan meggunakan smart key alias keyless, dan double hook carabiner.

Kemudian motor juga dilengkapi Yamaha Motorcycle Connect yang dapat terkoneksi ke ponsel lewat aplikasi Y-Connect. Fitur ini sebelumnya dipakai di All New Aerox dan All New Nmax dan R15 Connected.

Lewat Y-connect pengendara dapat update notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery /Accu), konsumsi bahan bakar, dan notifikasi malfunction.

Baca juga: Emosi di Jalanan Sama Saja Perlihatkan Kebodohan Pengemudi

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.
KOMPAS.com/ Adityo Wisnu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Fazzio turut didukung fitur Start Stop System. Dengan fitur tersebut, motor akan mematikan mesin otomatis ketika berhenti atau idle lebih dari 3-5 detik.

Jadi, ketika mesin mati saat di lampu merah atau kemacetan, tidak akan membuang bahan bakar secara percuma, sehingga bisa membuat konsumsi bensin lebih irit.

Kemudian seperti nama yang diusung yaitu Fazzio Hybrid dilengkapi dengan teknologi elektrikal untuk menambah daya dorong, meski dapat dikatakan sistemnya ialah mild hybrid.

Mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core Hybrid ini memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start (EPAS).

Baca juga: Memaksa Mobil Pakai Ban Beda Merek, Apa Dampaknya?

yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.KOMPAS.com/Adityo Wisnu yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Pada mesin Fazzio Hybrid, electric power assist start yang berasal dari daya baterai berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama.

Perbedaan komponen pada Blue Core Hybrid dengan Blue Core sebelumnya, terdapat pada SGCU (Start Generator Control Unit) atau ECU. Kemudian terdapat juga update pada fungsi power assist.

Adapun untuk baterai atau aki pun masih sama dengan skutik 125 cc lainnya, yang mengusung model YTZ6V, 5.3 Ah.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengatakan, secara umum mesin Fazzio masih sama dengan skutik-skutik 125 cc sebelumnya.

Baca juga: Video Aksi Gagal Start, Motor Standing Pemuda Terpelanting

Test ride Yamaha FazzioDok. YIMM Test ride Yamaha Fazzio

“Kalau kita lihat secara spare part-nya sendiri sebenarnya sama,” ujar Antonius, kepada wartawan di Jakarta saat peluncuran.

“Karena sebetulnya itu bukan suatu teknologi yang sulit. Itu kan pengembangan dari Blue Core, hanya mekanisme bekerjanya saja yang dia memberikan assist kepada mesin, pada tiga detik pertama,” kata dia.

Yamaha Fazzio mengusung mesin 124,86 cc yag mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW atau setara 8,3 tk pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com