Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Nasib Marc Marquez di MotoGP 2025

Kompas.com - 22/04/2024, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Marc Marquez resmi bergabung dengan tim Gresini Racing pada musim 2024. The Baby Alien hanya menandatangani kontrak satu tahun bersama tim satelit Ducati.

Artinya, pada musim 2025 ada kemungkinan mantan pebalap Honda itu berpindah ke tim lain, entah naik ke tim pabrikan atau pindah ke pabrikan lainnya.

Saat ditanya terkait masa depannya, Marquez mengungkap dirinya membuka lebar tawaran dari tim satelit maupun tim pabrikan untuk musim 2025.

Baca juga: Lampu Indikator Aki Mobil Menyala, Segera Lakukan Pemeriksaan

“Saya berharap pasar akan lebih bergairah. Butuh lebih banyak waktu untuk menandatangani kontrak. Setiap pabrikan telah merekrut pebalap papan atas Ducati menggandeng Pecco, Yamaha menggandeng Quartararo, yang berikutnya adalah Aprilia,” ucap Marquez, dikutip dari Crash, Minggu (21/4/2024).

Marc Marquezmotogp (crash.net) Marc Marquez

“Mereka akan mengambil salah satu dari keduanya, lalu menunggu pebalap kedua. Bagi saya, semua pintu terbuka. Jika Anda cepat di trek balap, lebih banyak pintu yang terbuka. Jadi ini adalah targetku,” lanjutnya.

Solusi yang jelas mungkin adalah tetap bertahan dengan Gresini Racing. Apalagi sejak memulai debut di tim satelit Ducati itu, Marquez mengalami peningkatan performa yang cukup signifikan, yakni mampu bersaing dengan para rivalnya di barisan depan.

Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri jika tim pabrikan Ducati mampu menawarkan motor yang lebih baik dibandingkan tim satelit. Kondisi ini tentu bisa membantu Marquez lebih kompetitif demi mengejar gelar juara dunia MotoGP yang kedelapan.

Baca juga: Motor dengan Keyless, Jangan Lupa Tekan Tombol Ini pada Kuncinya

Saat ini kursi tim pabrikan Ducati sudah diisi oleh Francesco Bagnaia yang telah menandatangani kontrak baru berdurasi dua tahun. Juara dunia MotoGP dua kali berturut-turut itu akan tetap mengendarai Desmosedici hingga akhir 2026.

Sementara posisi Enea Bastianini yang saat ini menjadi rekan setim Bagnaia di tim pabrikan Ducati cukup terancam. Pasalnya, ia akan menghadapi tekanan untuk mempertahankan tunggangannya dari beberapa pebalap.

Sebut saja Jorge Martin yang merupakan juara bertahan Pramac, Marco Bezzecchi yang telah beberapa kali menjuarai balapan VR46, hingga pebalap Gresini Racing Marc Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com