Pengendara Motor Asal Selonong Keluar Gang, Kebiasaan Sulit Diubah

Kompas.com - 17/02/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahaya yang ada di jalan memang bisa datang dari mana saja. Salah satu bahaya yang sering muncul adalah pengendara motor yang kerap asal selonong keluar dari gang.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam indonesia di Instagram, terlihat seorang pengendara motor yang selonong keluar dari gang. Beruntung mobil perekam melihatnya dan segera melakukan manuver ke kanan.

Selain pengendara yang asal selonong keluar dari gang, dia juga tidak mengenakan helm. Nampaknya kejadian seperti ini kerap terjadi dan sebenarnya membahayakan dirinya sendiri.

Baca juga: Hindari Begal, Sering Naik Motor Malam Pastikan Motor Sehat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, contoh pengendara seperti di video tadi memang masih banyak ditemui di jalan. Penyebabnya bisa jadi karena memang sudah menjadi kebiasaan.

“Mungkin karena pengendara teersebut telah terbiasa dengan cara berkendara seperti itu. Padahal seharusnya ketika keluar dari pertigaan jalan raya, sebaiknya berhenti sejenak untuk melihat kondisi jalan,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Selain itu, mengenai pengendara yang tidak memakai helm, Agus cuma bilang kalau hal tersebut sudah menjadi kebiasaan sebagian pengendara di Indonesia. Mereka kurang paham dan tidak peduli dengan keselamatannya.

Baca juga: Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Menurut Agus, untuk mengubah dua kebiasaan tadi sudah sulit untuk dilakukan. Namun, jika pengendara tadi mendapatkan edukasi mengenai keselamatan dan memahaminya, baru bisa diubah kebiasaannya.

“Mengubahnya bisa saja dengan edukasi kepada pengendara dan ada kemauan untuk mengubah kebiasaan tersebut,” kata Agus.

Untuk saat ini, karena masih cukup sering orang yang asal selonong dari gang, lebih baik sebagai pengendara harus lebih hati-hati. Lebih baik mengurangi kecepatan daripada menabrak orang yang keluar gang sembarangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.