Menguji Performa All New Isuzu mu-X di Trek Ekstrem

Kompas.com - 18/02/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir dengan desain eksterior yang lebih sporty dann agresif, All New Isuzu mu-X juga memiliki interior yang sederhana tapi elegan. Selain itu, fitur dan kenyamanan berkendara yang ditawarkan juga cukup baik.

Sport utility vehicle (SUV) ladder frame ini dibekali dengan mesin baru diesel common rail RZ4E 1.9 L. Mesin tersebut sudah dilengkapi dengan turbocharger dan pengaturannya juga sudah elektrik.

Baca juga: Jajal Kenyamanan Posisi Berkendara All New Isuzu mu-X

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni 148 tk pada 3.600 rpm. Sementara torsi maksimumnya, dapat mencapai 350 Nm pada putaran mesin di rentang 1.800 rpm hingga 2.600 rpm.

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Saat dipakai di jalan perkotaan, mesinnya terasa cukup responsif. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin cukup berasa. Meskipun dimensinya cukup besar, tapi dirasa tidak terlalu sulit untuk diajak bermanuver.

Kemampuan akselerasinya juga sangat baik, dari kondisi diam hingga 60 kilometer per jam cukup cepat diraih. Namun, untuk mencapai 100 kilometer per jam cukup membutuhkan waktu.

Baca juga: Bahas Fitur All New Isuzu mu-X, Cukup Sesuai Porsi

Apalagi, unit yang dites adalah unit yang sama seperti yang dipajang saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, beberapa waktu lalu. Unit tersebut sudah disematkan ban tipe MT untuk offroad oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Sehingga, dimensinya jadi lebih tinggi lagi.

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Dalam kondisi standar, mobil ini memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.815 mm, dan jarak sumbu roda 2.855 mm. Sementara jarak terendah ke tanah, tercatat 230 mm. Bobotnya sendiri mencapai 2.800 kg.

Meski demikian, saat dibawa di jalan tol, suspensinya terasa sedikit kaku membuat mobil ini jadi cukup stabil di kecepatan tinggi. Namun, saat kecepatan rendah dan melewati permukaan jalan yang tidak rata memang terasa sedikit terombang-ambing di dalam.

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Untuk mengetes performa mesin, test driver Kompas.com tidak hanya mengendarai All New Isuzu mu-X di jalanan perkotaan saja. Tapi, mobil ini juga diajak main sedikit ke habitatnya.

Untuk menguji kemampuan mobil ini secara keseluruhan, Kompas.com membawanya ke Jeep Station Indonesia (JSI) di kawasan Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat. Meskipun tidak sama persis dengan medan di perkebunan atau pertambangan, tapi beragam rintangan yang disediakan di tempat ini bisa cukup mewakili.

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.