Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Bikin Motor Balap, Spek Mirip Motor MotoGP

Kompas.com - 26/04/2024, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia bikin motor khusus trek yang bisa membuat pemiliknya merasa seperti naik motor MotoGP.

Punya nama XTrenta RSV4, motor tersebut dijual terbatas dan menjadi motor yang spesifikasinya paling mendekati motor balap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Dikutip dari Rideapart, motor tersebut dibanderol 80.000 Dollar Amerika atau sekitar Rp 1,2 miliar. Motor itu juga dapat tanda tangan dari para pebalap pabrikan Aprilia di MotoGP.

Soal basisnya, pakai RSV4 yang sudah ditingkatkan. Tenaganya naik sampai 230 TK, berkat rasio kompresi yang naik. Serta ditambah sistem knalpot dari SC Project sampai filter udara dengan spesifikasi balap MotoGP.

Baca juga: Pensiun dari MotoGP, Aleix Berencana Jadi Pebalap Tes Aprilia

Aprilia XTrenta RSV4, motor khusus trek dari Aprilia dengan harga Rp 1,2 miliarRIDEAPART Aprilia XTrenta RSV4, motor khusus trek dari Aprilia dengan harga Rp 1,2 miliar

Pada sistem pendinginan mesin juga ditingkatkan. Tersedia untuk pendingin pakai cairan dan oli dari Taleo Tecnoracing, jadi makin mumpuni buat diajak balapan.

Biar makin lengkap, Aprilia juga memasang aero kit pada XTrenta RSV4. Hasilnya, drag berkurang sekitar empat persen dan aerodinamika naik sekitar 25 persen.

Baca juga: Salah Kaprah Menutup Pintu Mobil, Jangan Dibanting

Pelek sudah pakai buatan Marchesini, model M7R Genesi yang jauh lebih ringan dari bawaan pabrik. Ban juga khusus, mengingat motornya cuma dipakai di trek, Pirelli Diablo SBK dipasang.

Harga Rp 1,2 miliar memang mahal, tapi itu bukan cuma buat motornya saja. Nanti pembeli bisa menikmati perjalanan nonton MotoGP musim 2024 serta dapat VIP experience, meet & greet dengan pebalap dan masuk ke garasi Aprilia Racing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com